PendidikanPolitik dan Pemerintahan

Mahasiswa Dukung Program Dinas Perpustakaan Daerah

Boltim, TimurTimes.com- Harapan Pemerintah Kabupaten  Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Perpustakaan Daerah agar adanya pojok baca di setiap desa mendapat respons positif dari sejumlah mahasiswa.

Rizal Ikbal Sambenaung, Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG) berujar, dirinya sangat mendukung jika ada pojok baca di setiap desa biar masyarakat bisa cerdas.

“Kalau dari saya pribadi, sangat bagus sekali kalau di desa ada tempat atau fasilitas membaca untuk masyarakat,” kata Sambenaung, kepada media ini Rabu, (1/9/2021).

Menurutnya, dengan adanya pojok baca di setiap desa, masyarakat tidak akan ketinggalan informasi dan ilmu pengetahuan.

“Tentunya kalau ada tempat atau fasilitas membaca di tengah pendemi seperti kesarang ini, masyarakat, siswa, ataupun mahasiswa tidak ketinggalan informasi ataupun ilmu pengetahuan. Dan menurut saya ini sangat bagus,” ungkap Mahasiswa jurusan Pendidikan Kepelatihan Olaraga ini.

Senada dengan Indra Hala. Alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado Jurusan Management Pendidikan Islam ini mengatakan, program pojok baca di setiap desa merupakan ide yang sangat bagus, sebab dapat menambah minat pembaca, utamanya kaum pelajar.

“Kalau untuk saya, sangat bagus, karena itu adalah hal positif dan menambah minat baca, lebih kusus pembaca kaum pelajar,” ucap Hala.

Hala berharap pojok baca di setiap desa jangan sampai hanya sekedar program, tapi tidak terlaksanan dengan baik.

“Seperti perpustakaan keliling, itu tidak ada manfaat sama sekali. Ada sisi negatif yang menurut saya. artinya pojok baca hanya sekedar program tapi tidak terlaksana dengan baik.
Tapi menurut saya, pojok baca itu program yang sanagt bagus. Intinya saya sangat mendukung. Cuman kembali lagi jangan sampai gagal program seperti itu (perpustakaan keliling, red),” tutup Hala.

Baca Juga:   Peringatan HUT KORPRI ke-51, Besok Pemkab Boltim Gelar Upacara

Sebelumnya harapan adanya pojok baca di setiap desa disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan Daerah, Suharto Paputungan, saat ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Menurutnya, jika ada yang berinisiatif membuat pojok baca di setiap desa, pihaknya siap memfasilitasinya.

“Kita ingin memajukan perpustakaan termasuk bagaimana supaya di desa-desa itu masyarakat bisa cerdas. Dan kami akan siapkan buku-buku di masyarakat. Bagi yang nelayan ada buku menyangkut bagaimana budidaya ikan dan cara menagkap, kemudian di bidang pertanian kami sudah siapkan bukunya,” kata Paputungan.

Mantan Kabag Tapem ini mengatakan, pihaknya sudah pernah melakukan uji coba dilapangan dan hasilnya banyak masyarakat yang suka membaca.
Sehingga kata dia, kalau ada mahasiswa-masiswa Boltim di setiap desa yang mempunyai inisiatif untuk menciptakan, membuat pojok baca di setiap desa, atau yang namanya literasi, pihaknya lebih senang.

“Kita mendukung dengan bantuan suplai buku. Artinya secara perlahan bisa bergerak maju daerah kami ini,” ungkap Paputungan.

Penulis: Gafur Sarundayang

 

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button