Materi Pariwisata dan Mencari Inspirasi di Tengah Dinginnya Malam

0
56

Penulis: Andri Mohama


Kamis 23 September 2021, aku duduk di depan rumah. Malam itu, langit diselimuti awan hitam. Tak ada bulan dan bintang yang menghiasi. Sepertinya di Desa Kotabunan, Kecamatan Kotabunan, akan turun hujan.

Dugaanku ternyata benar. Butir-butir air perlahan mulai turun membasahi tanah Totabuan paling Timur. Suara hujan terdengar jelas di tudung wisma ku.
Aku yang duduk di depan rumah memandangi tetesan air hujan yang turun dan bertanya dalam hati, kapan hujan ini akan redah.

Jalan trans lingkar selatan depan rumahku mulai basa. mobil dan motor serta bentor tampak lalu lalang di jalan raya, membuat mata ini mengikuti setiap kendaraan yang lewat.

Aku mengeluarkan rokok yang ada di saku celanaku lalu ku ambil sebatang dan ku hisap.

Dari setiap hembusan asap rokok yang saya hisap, aku mulai mencari sebuah inspirasi dari handphone milikku. Ku buka kertas yang berisi materi Dinas Pariwisata Boltim untuk pemaparan pariwisata.

Hujan yang tadinya turun perlahan, kini berubah menjadi begitu deras, tiba-tiba aku dikagetkan dengan berhentinya sebuah mobil minibus berwarna hitam di tengah derasnya hujan yang turun malam itu.

Terlihat seorang laki-laki tinggi berbadan besar menggunakan kaos berwarna pink keluar dari dalam mobil. Aku berbalik menghadap ke arah mobil tersebut dan memperhatikan laki-laki itu. Ternyata pria itu adalah kurir yang akan mengantar barang di bengkel motor samping rumahku.

Aku tidak menghiraukannya dan mulai fokus belajar tentang materi Pariwisata Boltim. Hujan semakin deras, dingin malam itu mulai menusuk. Materi yang ku pelajari tentang pariwisata belum semua ku selesaikan, tapi rasa ngantuk tak bisa kutahan lagi. Aku berpikir untuk melanjutkannya besok hari menggali materi tentang Pariwisata Boltim.

Foto: Materi tentang Pariwisata Boltim.

Akhirnya hujan deras serta dinginnya malam memaksa diriku untuk masuk kedalam rumah dan beristirahat.

Keesokan harinya, aku bangun lebih awal sebab aku mau menyelesaikan materi pariwisata yang akan dipaparkan pada acara webinar series 2021 yang diprakarsai oleh Stiepar Manado.

Selang beberapa menit, materi yang diberikan Dinas Pariwisata Boltim, ku baca semuanya dan siap dipaparkan pada acara yang melibatkan jurnalis, akademisi dan komunitas itu. (*)