Komsos Babinsa, Linmas Jadi Pelopor Prokes di Desa Bilalang

0
7

Bolmong, TimurTimes.com – Babinsa Koramil 1303-02/Passi Sertu Nanang menggelar Komunikasi Sosial dan memberikan edukasi kepada para Linmas di Desa Apado, Kecamatan Bilalang, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong)  Senin (11/10/2021).

Linmas yang sebelumnya Hansip (pertahanan sipil) sejatinya sudah terbentuk sejak dulu, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI (Permendagri) Nomor 84 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat dan Permendagri Nomor 26 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.

Peran Linmas di Kabupaten Bolaang Mongondow khususnya di lingkungan Desa Apado membantu pemerintah desa dalam pengamanan dan penyelesaian masalah desa bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Perangkat Desa setempat.

Danramil 1303-02/Passi Letda Inf Bustoming Tohulu mengatakan, Babinsa bertugas memberikan pembinaan dan pelatihan dasar disiplin Linmas desa minimal enam bulan sekali agar membentuk sikap dan perilaku yang baik serta menanamkan tanggung jawab yang tinggi dalam setiap pelaksanaan tugas Linmas.

“Salah satu tugas Binter Koramil adalah melakukan pembinaan kepada unsur pelaksana keamanan desa Satlinmas. Materi yang diberikan berupa pengetahuan Pancasila, UUD 1945, wawasan kebangsaan, latihan baris-berbaris, pengibaran bendera, latihan fisik dan bela diri. Dimasa pandemi ini kami mengajarkan dan mengedukasi Linmas desa sebagai Pelopor Prokes,” ujar Danramil.

Sementara itu, di Kepala Desa Apado Adrianus Mokoginta mengatakan, pemerintah desa dan Babinsa saling berinteraksi dan bekerja sama memberdayakan fungsi Linmas dalam pengamanan kegiatan desa seperti pembagian BLT DD, Bansos, penanganan bencana dan penyelesaian masalah antar warga melalui kebijakan Kepala Desa.

“Kami dan Babinsa saling berinteraksi dan bekerja sama dalam memberdayakan fungsi Linmas dalam setiap kegiatan di desa,” imbuh Kades.

Penulis: Steko

Baca Juga:   Pengembangan Sarang Burung Walet Diseriusi DPRD Boltim