Peringatan Maulid Nabi, Pemkec Bongomeme Dimeriakan Tolangga Puluto, Walima dan Toyopo

0
83

Kabgor, Timurtimes.com – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijiriah Tahun 2021 Masehi, pemerintah Kecamatan (Pemkec) Bongomeme di pimpin Camat Mohamad T Ase, S.H.M.H., bersama panitia PHBI telah merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW bertempat di Masjid Besar Kecamatan Bongomeme, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu, (20/10/2021).

Acara tersebut dihadiri langsung ketua adat kecamatan dan para ketua lembaga Adat diantaranya, Camat Bongomeme, Mohamad T Ase, S.H.M.H., Bate Lo Limutu Lo Dunggala To Bongomeme, Supardi Dehi, Tuntungiyo, Imran Ahyar, ketua TP-PKK kecamatan, Merty Jasin, Wakil Ketua DPRD kabupaten Gorontalo, Roman Nasaru, Kapolsek Bongomeme, Ipda Iskandar Hadji Ali, serta para Asosiasi pemerintah Kecamatan yakni, ketua BPD, LPM dan Pemuda Karang Taruna dan seluruh Staf Kecamatan serta suluruh Kepala Desa dan Perangkat Desa, perwalian sekolah Paud, SD dan SMP, Iwan Yakin, S.Pd, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh Perempuan dan para warga masyarakat pelaksana fzikir.

Pada kesempatan yang baik itu Camat bongoneme, Mohamad T Ase, SH.MH di dampingi sang isteri, Ibu Merty Jasin yang juga selaku ketua tim penggerak PKK Kecamatan Bongomeme meminta agar momen maulid Nabi ini tidak hanya diperingati setiap tahun saja sebagai agenda rutinitas, tetapi harus diperingati setiap hari dengan perbuatan yang nyata melalui ibadah dan menjaga keimanan yang teguh dalam meneladani keharibaan Rasullah SAW.

“Kita harus memperingati hari lahir Nabi kita setiap hari, jangan hanya bersifat seremonial saja. Dengan menerapkan segala sunnah – sunnah yang beliau ajarkan,” pinta Moh T Ase.

Penerapan sunnah Rasulullah yang paling sederhana adalah penerapan di dalam keluarga.

” Berangkat dari Tema Maulid Nabi tahun 2021 yakni dengan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW kita tingkatkan Keimanan kepada Allah SWT melalui Optimalisasi pelayanan masyarakat menuju Kecamatan Bongomeme yang berprestasi, religius, sejahtera, Indah, harmonis dan bersih dari penyakit Coronavirus yang Isnsyaallah kita semua dapat meraih target 80 persen vaksinasi agar bebas dari pandemi sekarang ini, ” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, wakil ketua DPRD kabupaten Gorontalo, Roman Nasaru juga mengatakan, meneladani sifat Rasullah SAW yakni Siddiq, Amanah, Tabligh dan Fathonah. Dengan menjalankan keempat sifat tersebut kata dia Insya Allah kita semua sebagai umat Islam dapat terus mempererat Ukhuwah Islamiyah.

“Berkumpulnya kita dalam peringatan Maulid Nabi ini adalah bentuk cinta kita kepada Nabi Muhammad Rasulullah yang merupakan teladan bagi kita semua,” ungkap Roman Nasuru.

Dengan demikian, ketua adat kecamatan, Bate Lo Limutu Lo Dunggala To Bongomeme, Supardi Dehi di dampingi 4 orang Bonihu juga menambahkan, Akhlak Ibadah dan semua hal yang melekat pada diri Nabi adalah cerminan Al – Quran yang harus kita imani.

“Untuk itu pula kita mengajak warga masyarakat kecamatan Bongomeme agar meneladeni kehidupan Rasulullah. Apa yang beliau lakukan harus kita ikuti dan kita jalankan dalam sehari- hari,” tutup Supardi Dehi.

Penulis: Adi