Babinsa Laksanakan Patroli Lapas Setiap Hari

0
44

Gorontalo, TimurTimes.com.com – Dimasa pandemi Covid-19 personel Babinsa Koramil Jajaran Kodim yang berada dibawah komando Korem 133/Nani Wartabone pada Selasa kemarin 16 November 2021 sedang melaksanakan patroli lapas yang berada di wilayah Provinsi Gorontalo, Rabu, (17/11/2021).

Sasaran kegiatan Patroli Lapas tersebut dilaksanakan di tiga tempat, diantaranya di Lapas Kelas IIA Gorontalo kelurahan Donggala, kecamatan Holontalagi kota Gorontalo, Lapas Perempuan di kelurahan Hutuo, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo dan Lapas Kelas IIB Pohuwato Balayo, Patilanggio, kabupaten Pohuwato, Gorontalo.

Kegiatan patroli lapas tersebut untuk melaksanakan silaturahmi dengan petugas Lapas yang ada di wilayah binaannya masing-masing Kodim dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Maksud dan tujuannya supaya terjalin hubungan kerja yang lebih baik dan memperkuat bidang pengamanan, pembinaan, peningkatan kapasitas mental dan disiplin petugas pemasyarakatan ataupun warga binaan pemasyarakatan.

Letak lokasi lapas di wilayah binaannya masing-masing Kodim kebetulan tidak jauh dari tempat masing masing Kodim sehingga  pengecekkan secara fisik ke Lapas sering di lakukan dan siap membackup kapan saja apabila terjadi suatu gejolak antara napi.

Babinsa harus selalu menjalin komunikasi yang baik antara sipir dan penghuni lapas, lakukan pendekatan dengan mendengarkan keluhan tahanan. Kemudian Tanggapi dengan cepat sehingga para napi yang berada di Lapas di wilayah provinsi Gorontalo tidak terkontaminasi provokasi sehingga ada celah untuk berbuat rusuh dan lakukan deteksi dini cegah dini dengan cara melihat atau mendengar informasi dengan tidak melanggar Standart Operational Prucedure (SOP).

Ikut serta hadir dalam kegiatan Patroli Lapas yaitu; Babinsa Koramil Jajaran Kodim 1304/Gorontalo, Kodim 1314/Gorut, Kodim 1313/Pohuwato, personel SUBDENPOM XIII/1-3 Gorontalo dan PU2 Lapas Kelas IIA Gorontalo, Lapas Perempuan kabupaten Gorontalo, dan Lapas Kelas IIB Pohuwato. (Adi)

Baca Juga:   Bupati Nelson Apresiasi Kolaborasi TNI/Polri Mengawal Program Pemerintah