Kasiter Korem 133/NW Pimpin Upacara Pembukaan Kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika

0
11

Gorontalo, TimurTimes.com – Puluhan anggota pramuka wilayah Kabupaten dan Kota di Gorontalo mengikuti pembinaan saka wira kartika Triwulan IV Korem 133/Nani Wartabone TA-2021, Jumat ( 26/11/2021).

Kegiatan tersebut diikuti anggota pramuka dari perwakilan sekolah SMAN 1 Gorut, SMAN 1 Telaga, SMAN 1 Telaga Biru, SMAN 2 Limboto, SMKN 2 Limboto, SMAN 1 Tibawa, SMKN 1 Pulubala, SMKN 1 Dunggalio, SMAN 1 Boliyuhuto, SMAN 1 Tolangohula, SMAN 1 Mootilango, SMAN 1 Paguyaman, SMAN 1 Gorontalo, SMAN 3 Gorontalo serta
SMKN 1 Gorontalo dan SMAN 1 dari Suwawa.

Kegiatan pembukaan kegiatan pada pembinaan pramuka Saka Wira Kartika triwulan IV Korem 133/nani wartabone mengusung tema “Mewujudkan Binter TNI AD Yang Adaptif Melalui Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Guna Membentuk Generasi Muda Yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan,” Sabtu (27/11/2021).

Upacara pramuka saka wira Kartika dibuka langsung oleh kepala seksi teritorial Kasiter Korem 133/nani wartabone, Kolonel Inf Marten Pasunda S.Sos, M.H, dan pada dalam sambutannya, Kasiter selaku pimpinan upacara pembukaan kegiatan tersebut menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan pembinaan pramuka saka wira kartika Korem 133/Nani Wartabone masih di dalam situasi kondisi pandemi Covid-19, oleh karena itu Dirinya sangat berharap agar semuanya dapat mengutamakan keselamatan dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Kegiatan itu dilaksanakan sesuai peraturan bersama dengan Kepala Kwarnas Gerakan Pramuka No. 182 10 2007 dan No. 199 tahun 2007 tentang Kerjasama dalam Usaha Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Bela Negara dan ke Pramukaan.

Pada dasarnya, TNI Angkatan Darat menjalankan tugas konstitusional dalam usahanya membina partisipasi masyarakat untuk memiliki kesadaran bela negara yang dilaksanakan melalui kegiatan pembinaan wilayah dengan binakreasi muda yang tergabung dalam gerakan Pramuka untuk memelihara kesadaran bela negara khususnya dari kalangan generasi muda, oleh karena itu maka harus dibangun dan ditumbukan dalam Diri setiap warga negara sejak usia dini melalui pendidikan dan dalam bentuk proses pembelajaran interaktif partisipatif dan progresif secara berkesinambungan.

Baca Juga:   Bupati Nelson Apresiasi Kolaborasi TNI/Polri Mengawal Program Pemerintah

Untuk pendidikan tersebut salah satunya adalah melalui gerakan pramuka yaitu gerakan kepanduan nasional yang bertujuan mendidik dan membina, kemudian menjadi manusia yang berwatak baik memiliki budi pekerti luhur serta menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila senantiasa setia dan membela negara kesatuan republik Indonesia.

Sebagai satu upaya pemberdayaan wilayah yang salah satunya mewujudkan pemuda Indonesia memiliki keterampilan sesuai dengan Krida Saka Wira Kartika dalam kegiatan Pramuka hari ini adalah implementasi pembinaan kaum muda sebagai putra-putri kreasi bangsa dalam upaya membantu sekolah yang pada gilirannya mampu dan terampil dibidang ilmu pengetahuan tentang navigasi darat dan Penanggulangan Bencana, selain itu gerakan Pramuka adalah sebagai wadah pilihan utama dan solusi masalah kaum muda.

Maka dalam gerakan pramuka saka Wira Kartika lebih menghayati nilai-nilai dasar Darma Pramuka sebagai tanda harus memahami dalam kehidupan kepramukaan, maupun dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara, hal ini karena dari Pramuka yang tergabung dalam Gudep Pramuka Saka Wira Kartika Kodim akan menjadi teladan bagi kita semua sehingga mampu mengimplementasikannya dalam kegiatan positif baik di lingkungan sekolah maupun di tempat tinggalnya masing-masing.

Kasiter Korem 133/nani wartabone juga mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan pembinaan pramuka saka Wira Kartika Triwulan IV Korem 133/Nani Wartabone TA-2021, kepada semua pihak yang berperan pada kegiatan ini, “Saya berharap kegiatan ini dapat berjalan aman dan lancar, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan kemudahan kepada kita semua,” pungkasnya. (Adi)