Lumentut: Mari Bersama Menjaga Persatuan dan Kesatuan

0
46

Tomohon, Timurtimes.com – Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), menggelar “Sosialisasi Pemantauan Perkembangan Politik di Daerah,” Tahun 2021. Kegiatan tersebut digelar di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tomohon, Senin (29/11/2021).

 

“Politik mempunyai tujuan mulia yakni mensejahtrakan rakyat. Perbedaan politik itu hal yang biasa, tetapi kita harus selalu menjaga persatuan dan kesatuan yang sudah ada, terlebih kita berada di kota berlabel Kota Pendidikan dan Kota Religius,” kata Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut, S.E., saat menyampaikan sambutan.

“Saya pernah duduk sebagai pimpinan DPRD Provinsi, setelah masuk di Tomohon saya melihat disini banyak orang pintar, tebukti dalam pesta demokrasi yang lalu terlihat ketajaman otak dari warga Tomohon,” ungkapnya.

Lumentut juga mengajak untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan yang sudah ditanamkan oleh pendahulu-pendahulu. Bersama-sama berkarya untuk meningkatkan kesejahtraan rakyat, dan yang paling utama adalah untuk kemuliaan nama Tuhan.

“Kita tolak paham-paham radikal intoleran yang mencoba masuk di bumi nyiur melambai, kita hidup rukun dan damai dan kita lestarikan 4 pilar kebangsaan yang menjadi dasar dalam berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” tuturnya.

“Seperti yang tertulis dalam 1 Tesalonika 5:18 bersyukur dalam segala hal, yang penting rukun dan damai, hidup sehat dan selalu bersyukur. Tidak ada agama yang mengajarkan perbuatan-perbuatan jahat, yang ada adalah oknum-oknum tertentu,” lanjut Lumentut.

Ia menjelaskan, alasan kegiatan dilaksanakan pemantauan, perkembangan politik di Kota Tomohon adalah untuk melakukan pemantauan perkembangan politik, membuat dan menyampaikan laporan perkembangan politik daerah kepada Menteri dalam negeri Republik Indonesia melalui Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, serta menyusun langkah-langkah antisipatif dan kebijakan yang bersifat responsif terhadap situasi sosial politik, ketentraman, ketertiban dan keamanan di daerah.

Baca Juga:   Ditemukan Warga Sekitar, TM Meninggal Dunia

Lanjutnya, tugas dan fungsi tim pemantauan, pelaporan dan evaluasi perkembangan politik adalah pemantauan kegiatan untuk mengamati/observasi perkembangan politik di daerah kota Tomohon, pelaporan kegiatan penyampaian informasi perkembangan politik yang terjadi di daerah, evaluasi kegiatan penilaian laporan perkembangan politik yang disampaikan oleh daerah, dan pemantauan perkembangan politik adalah dinamika yang terjadi dalam proses penyelenggaraan kehidupan politik.

“Akhir kata katuari peleng meimo kita mahwali-wali mangun um’wanua To’Muung, mah sawa-sawangan, mah sigi-sigian, wo mah tombo-tombolan,” tandasnya.

Sebagai narasumber Ketua KPU Kota Tomohon Drs. Haryanto Lasut, M.A.P, hadir Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Tomohon Ferdinand Mono Turang, S. Sos, Kaban Kesbangpol Kota Tomohon Ronny Lumowa, S.Sos, M.Si yang membacakan laporan kegiatan, serta para Camat se-Kota Tomohon dan peserta dari berbagai unsur. (Etzar Frangky Tulung)