Bersama Petani, Babinsa Ikut Panen Jahe Merah di Kecamatan Mooat

0
23

Boltim, TimurTimes.com — Disamping tugas pencegahan dan memutus mata rantai Covid 19, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dituntut berperan aktif melaksanakan pendampingan kepada para petani, dimulai dari penyuluhan, pengolahan lahan, penanaman hingga panen. Hal tersebut sangatlah penting dalam rangka menyukseskan program pemerintah khususnya di bidang ketahanan pangan.

Dalam hal ini, Babinsa Koramil 1303-03/Modayag Serda Muhammad Khoirudin aktif melaksanakan pendampingan kepada petani. Seperti yang dilakukannya saat ini di lahan milik Marko Mamahit di Desa Bongkudai Utara Kecamatan Mooat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Jumat (17/12/2021)

“Saat ini para petani sibuk panen jahe merah yang merupakan salah satu komoditas yang ada di wilayah Kecamatan Mooat, sehingga sebagai aparat Teritorial saya turun untuk membantu warga binaan,” ujar Babinsa.

Salah satu pendampingan yang dilakukannya yaitu dengan cara ikut serta membantu petani dalam memanen Jahe merah.

Sebagai Babinsa yang merupakan ujung tombak dari satuan Kodim 1303/Bolaang Mongondow selalu siap membantu masyarakat khususnya di wilayah binaan dan berharap kepada masyarakat agar tidak perlu risih dan segan untuk selalu koordinasi dan memberikan informasi seputar kegiatan pertanian.

“Kami selalu membuka diri untuk petani, berkaitan persoalan pertanian maupun persoalan yang lainnya, karena itu sudah menjadi tugas kami untuk menjalin komunikasi pendampingan dan kebersamaan dengan warga,” ucap Serda Khoirudin.

Sementara itu, Marko Mamahit mengapresiasi apa yang dilakukan Pak Babinsa, dirinya mengaku sangat gembira, Karena dengan pendampingan dan pembekalan, arahan serta bantuan memanen Jahe merah dari Babinsa ini.

“Kegiatan ini membuat terjalin sebuah keakraban serta meringankan setiap permasalahan yang ada. Syukurlah Babinsa disini senantiasa selalu melakukan pendampingan bersama kami para petani,” tuturnya. (Djumadi Bawenti)

Baca Juga:   Via Zoom, Bupati Sachrul Ikut Entry Meeting Pemeriksaan Pendahuluan LKPD Se-Sulut