GorontaloPolitik dan Pemerintahan

Menteri Agraria dan Tata Ruang Serahkan Ribuan Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat Kabgor


Gorontalo, TimurTimes.com – Sebanyak 4.000 (Empat Ribu) Sertifikat Tanah diserahkan secara virtual oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Peternahan Nasional (BPN) kepada masyarakat Kabupaten Gorontalo (Kabgor) Tahun 2021.

Penyerahan secara virtual tersebut, dihadiri langsung Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Plt Kepala BPN Zufran Amuati SH, Asisten I, Pimpinan OPD terkait dan masyarkat di Aula Rumah Dinas Bupati Gorontalo.

Pada kesempatan itu Bupati Nelson menyampaikan, apresiasi terhadap Badan Peternahan Nasional (BPN) bekerjasama dengan pemerintah daerah telah menyerakan sertifikat tanah kurang lebih 4.000 kepada masyarakat di Kabupaten Gorontalo.

“Saya kira ini salah satu program startegis BPN yang telah dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo. Agar masyarkat mempunyai legalitas terhadap tanah karena menjadi problem di daerah terkait batas tanah,” ucap Nelson.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo tidak hanya mendorong persertifikatan tanah namun juga pemanfaatan Tanah Objek Reforma Agraria (Tora) dan hutan sosial ahar bisa dimanfaatkan masyarakat termasuk aset pemerintah dari tingkat Kabupaten, Kecamatan dan desa.

“Hal ini dilakukan agar supaya menghindari masalah hukum di kemudian hari, karena aset merupakan modal pemerintah dalam membagun daerah, kecamatan maupun desa,” ujarnya.

Sementara itu Plt Kepala BPN Zufran Amuati menjelaskan di Tahun 2021 target yang dicapai sejumlah 6.76 sertifikat tanah, untuk hari yang bisa diserahkan sebanyak 4.000 sertifikat tanah. Pada intinya jumlah 6.76 telah selesai dilalsanakan tinggal penyerahan kepada masyarakat. Untuk target tahun 2022 sejumlah 12.000 ribu bidang tanah diaertifikatkan.

“Zufran berharap dukungan dari pemerintah daerah dalam mendorong program percepatan strategis nasonal Kami berterimah kasih kepada Bupati Gorontalo bersama jajaranya yang telah menyelesaikan program dI Tahun 2021,” tandasnya. (Adi)

Baca Juga:   Pemkab Boltim Gelar Upacara Bendera HUT Korpri Ke-51

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button