Peduli Korban Banjir, SWK Pramuka Kodim Bolmong Bersama Forum BMR Hijau Berikan Bantuan

0
22

Bolmong, TimurTimes.com – Bencana alam berupa hujan lebat yang disusul dengan banjir dan longsor telah melumpuhkan beberapa akses titik transportasi di Daerah Bolaang Mongondow (Bolmong). Desa Komangaan, Solimandungan Baru, dan Solimandungan Satu menjadi daerah yang terdampak paling parah dari hujan lebat kali ini.

Berbagai bantuan terus diberikan oleh berbagai elemen. Hal ini pula yang dilakukan oleh beberapa organisasi dan komunitas yang berada di Bolaang Mongondow Raya, termasuk Saka Wira Kartika Pramuka Kodim 1303/Bolmong.

Bersama dengan Forum BMR Hijau, Saka Wira Kartika Pramuka Kodim Bolmong dan puluhan siswa siswi SMK Fajar Moyongkota melakukan kegiatan sosial yang mereka sebut sebagai SWK Pramuka Bolmong Peduli.

Kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian teman-teman pramuka untuk saling membantu sesama manusia dan suatu kegiatan untuk menumbuhkan kesadaran serta ketanggapan dalam menghadapi permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Disampaikan salah satu anggota Pembina SWK Kodim 1303/Bolmong Serka Heriman mengatakan, dalam menjalankan kegiatannya SWK Pramuka melakukan penggalangan dana dan penerimaan bantuan berupa barang-barang yang dilaksanakan mulai dari hari Rabu tanggal 08 Desember 2021 sampai dengan Sabtu 11 Desember 2021.

Menurut Serka Heriman, selain membantu dalam bentuk penggalangan dana dan barang-barang pokok, SWK Pramuka Kodim Bolmong juga mengikuti kegiatan kerelawanan untuk membantu masyarakat korban banjir di Desa Solimandungan Baru dan Desa Solimandungan Satu.

“Untuk menyalurkan bantuan tersebut, sebelumnya dilakukan proses assessment terlebih dahulu di lokasi bencana untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan. Lalu, hasil donasi yang didapatkan, dialokasikan untuk membeli barang-barang sesuai kebutuhan seperti sembako yang sangat diperlukan,” ujarnya.

Pada Minggu, 12 Desember 2021, SWK Pramuka Kodim 1303/Bolmong bersama Forum BMR Hijau menyalurkan bantuan secara langsung yang telah terkumpul kepada korban banjir. Selain menyalurkan bantuan berupa sembako, SWK Pramuka juga ikut bergotong royong dan membantu di sekitar rumah warga yang terjadi tanah longsor serta daerah banjir.

Baca Juga:   Via Zoom, Bupati Sachrul Ikut Entry Meeting Pemeriksaan Pendahuluan LKPD Se-Sulut

Kegiatan ini adalah bentuk solidaritas dan rasa kemanusiaan dari seluruh anggota. “Saka Wira Kartika Pramuka Bersama Forum BMR Hijau akan selalu aktif dalam membantu masyarakat atas dasar kemanusiaan,” tutur Serka Heriman.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua BMR Forum Hijau Arman Sani, Kepala Sekolah SMK Fajar Djendri Ginoga S.Pd, Kepala Desa atau Sangadi Solimandungan Baru Ajan Mokoagow, Babinsa Koramil 1303-09/Bolaang Serda Sarwan dan Kopda Juanda. (Djumadi Bawenti)