GorontaloPolitik dan Pemerintahan

Lantik 13 Aparat Desa, Kades Pilomonu: Mari Ciptakan Semangat dan Kinerja Baru


Gorontalo,Timur Times.com –Sebanyak 13 orang aparat desa yang telah lulus mengikuti seleksi SOTK dan pada Selasa kemarin 18 Januari 2022 dilantik dan diambil sumpah oleh Kepala Desa Pilomonu, Sukardi Ismail, bertempat di aula Kantor Desa Pilomonu, Kecamatan Mootilango, Kabupaten Gorontalo, Rabu, (19/01/2022).

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut di hadiri Camat Mootilango, Hasim Rifai, S.Pd. MM yang di wakili langsung oleh Sekretaris Camat, Nurdin Djibu, S.Pd, Kepala Desa Pilomonu, Sukardi Ismail, Kepala Urusan Agama (KUA) kecamatan Mootilango, Saleh Botutihe, Kapolsek Mootilango, Mahyudin Thalib, SH bersama, Briptu Fahmi Pakaya,m (Bhabinkamtibmas), Koramil 1314-05/Boliyohuto, Peltu Hariyanto Maele yang di wakili langsung oleh Praka Samsudin (Babinsa).

Selain itu turut hadir pula Ketua TP-PKK Desa Pilomonu, Almawati Lamusu, M.Pd bersama BPD, LPM, Karang Taruna dan PLD serta tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan Linmas serta aparat desa Pilomonu yang siap dilantik.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Pilomonu, Sukardi Ismail atau yang lebih akrab dipanggil Ti Aya Cei oleh masyarakat Pilomonu menyampaikan, aparat desa yang baru saja dilantik agar dapat membangun dan menjaga citra positif nama aparat desa dengan bekerja sebaik-baiknya serta harus mampu menunjukkan fitur aparat desa yang berkualitas, profesional dan memiliki integritas yang tinggi terhadap pekerjaan agar terbangunnya pemerintah desa Pilomonu yang profesional, efektif dan lebih dipercaya masyarakat.

“Selamat kepada saudara-saudari yang baru dilantik,” ujarnya.

Sebagai Kepala desa tentu dirinya terikat dengan aturan-aturan pemerintah dan kode etik yang jelas. Oleh karena itu, hendaklah berpikir ke depan mengenai konsekuensi sebagai aparat desa. Sehingga nantinya saudara-saudari dapat menjadi aparat desa yang benar-benar berorientasi pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan yang ada serta senantiasa mengedepankan integritas dan tanggung jawab serta menjunjung tinggi etika sebagai aparat desa dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan.

Baca Juga:   Masyarakat Tomohon Selatan Suarakan Berbagai Aspirasi

Usai kegiatan pelantikan, Kades Pilomonu, Sukardi Ismail kepada Timur times.com mengatakan, Sekarang ini untuk menjadi aparat desa haruslah memiliki kemampuan, belajar Komputer dan senantiasa mengembangkan diri, memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan disekitar dan cepat tanggap kepada masyarakat.

“Untuk itu mari kita ukir hasil nilai kita sebagai aparat desa yang baru dan tanamkanlah kesadaran dalam diri kita, bahwa kita adalah bagian penting dari motor penggerak perubahan dan pembangunan di desa Pilomonu ke arah yang lebih maju dan lebih baik. Jadilah sosok teladan bagi lingkungan sekitar dan bekerja selalu bercitra positif yang terbangun dan melekat pada diri pribadi serta bersama-sama untuk mewujudkan pemerintah desa Pilomonu yang lebih baik dan maju kedepan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kades Sukardi Ismail menjelaskan, Bahwa 13 orang aparat desa dilantik di antaranya;
Iskandar Saleh, S.Sos sebagai Sekretaris Desa dan (3 KAUR) masing -masing, Rosna Hadi, S.Pd (kaur keuangan), Indra Datau, SH (kaur perencanaan), Olan A Latif (kaur tata Us dan Um) serta (3 Kasie) antara lain, (kasie pelayanan) Marten Ahmad, (kasie pemerintahan) Agustin Djafar, SE, (kasie kesejahteraan) Romi D Nentadu, S.IP bersama 6 Kepala Dusun (Kadus) di antaranya, (kadus biluhu) Idris Ahmad, S.Pd, (kadus irigasi utara) Risna Ahmad Manggalo, (kadus irigasi selatan) Dedi Karim, (kadus Tehila) Suleman M Daniel, (kadus bualo) Hartono Mato dan (kadus pasir putih) Mohamad S Olabu.

Dengan harapan kepada aparat desa yang baru dilantik dapat memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat sebagai upaya mengoptimalkan peningkatan kinerja dan profesionalisasi Pemerintah desa sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

“Nantinya tugas dan fungsi aparat desa baru dilantik, di mungkinkan akan menjadi jabatan unggulan yang lebih dan di perhitungkan di masa mendatang, karena jabatan aparat desa, berperan dalam pelaksanaan tugas-tugas pelayanan terhadap masyarakat secara umum,” tutup Sukardi Ismail kepada Timur times.com.

Baca Juga:   Hadiri Hut Ke-14 Tribun Manado, Lumentut Beri Ucapan Selamat

(Adi)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button