Nasional

Senator SBANL Ingatkan Kementerian PUPR RI Perhatikan Penataan Drainase

Jakarta, Timurtimes.com – Anggota Komite II DPD RI Ir. Stefanus B. A. N. Liow, M.A.P., mengingatkan Kementerian PUPR RI untuk memperhatikan kelestarian alam dan lingkungan hidup, penataan drainase atau saluran yang baik dan benar, untuk meminimalisasi kerusakan jalan dan terjadinya banjir.

Hal ini disampaikan Senator SBANL sapaan Anggota DPD RI/MPR RI Daerah Pemilihan Sulawesi Utara, dalam Rapat Kerja Komite II DPD RI dengan Wakil Menteri PUPR RI John Wempi Wetipo, S.H, M.H., di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (19/01/2022).

Sangat mendesak, Senator SBANL menegaskan, untuk mendapatkan prioritas pembangunan jaringan air bersih, sembari mencontohkan pipa air bersih di Kota Tomohon pada umumnya sudah bocor dan rusak, karena sudah sejak lama jaringan instalasinya.

“Demikian pula daerah lainnya di Sulut, seperti Manado, Bitung, Minut, Minahasa, Minsel, Mitra dan kabupaten/kota lainnya yang menjadi permasalahan penyediaan air bersih. APBD tidak cukup, sehingga sangat membutuhkan topangan dari Kementerian PUPR RI,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, apabila adanya pembangunan infrastruktur, namun masih ada kendala pembebasan lahan dan belum tuntas biaya pembebasan lahan, agar segera diselesaikan sesuai mekanisme dan aturan.

“Pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang representatif dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah benar-benar tepat sasaran,” ujarnya.

Wamen PUPR John Wenpi Wetipo menjelaskan, kebijakan pelaksanaan program kerja tahun 2022, termasuk pembangunan infrastruktur, sembari menyebut untuk Sulut diantaranya Bendungan Lolak Bolmong dan pembangunan Danau Tondano.

Selain itu, Wetipo yang pernah menjabat Bupati Jayawijaya Papua selama dua periode mengatakan, adanya program padat karya tunai yang tersebar di daerah-daerah nusantara.

Usai rapat kerja, Senator SBANL bersama Senator lainnya melakukan percakapan dengan Wakil Menteri PUPR John Wenpi Wetipo.

Diketahui, Raker dipimpin Wakil Ketua Komite II DPD RI, masing-masing Dr. Ir. Abdullah Puteh, Bustamin Zainudin, S.Pd., M.H., dan Lukky Semen, S.E. Sedangkan Menteri Trenggono didampingi Sekretaris Jenderal bersama Pejabat Eselon I dan II KKP RI. (Etzar Frangky Tulung)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button