GorontaloRagam

Dilandasi Cinta Tanah Air, Danrem 133/NW Berikan Pembekalan tentang Bela Negara


Gorontalo,TimurTimes.com -Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Amrin Ibrahim, S.I.P., menghadiri dan memberikan pembekalan pada Acara Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) Universitas Terbuka Gorontalo, bertempat di Universitas Terbuka Gorontalo jalan Achmad Najamudin, Kelurahan Limba U Dua, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Sabtu, (12/3/2022).

Kegiatan dibuka oleh Direktur Universitas Terbuka Gorontalo Andi Suci Anita M.P. Dalam sambutannya menyampaikan untuk yang hadir pada orientasi saat ini sebanyak 106 orang mahasiswa kita mempunyai mahasiswa baru sebanyak 223 pada semester ini, para mahasiswa harus mengikuti orientasi karena ini adalah Kompasnya mahasiswa untuk menuju kesuksesan dalam pembelajaran jarak jauh.

Dalam pembelajaran di Universitas Terbuka Menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka, istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi).

“Selain menggunakan bahan ajaran yang disediakan oleh UT, mahasiswa juga dapat mengambil inisiatif untuk memanfaatkan perpustakaan, mengikuti tutorial baik secara tatap muka maupun melalui internet, radio, dan televisi, serta menggunakan sumber belajar lain seperti bahan ajar berbantuan komputer dan program audio/video”, ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Danrem 133/NW Brigjen TNI Amrin Ibrahim, S.I.P memberikan pembekalan tentang Bela Negara yang dilandasi dengan cinta Tanah Air.

Bela Negara adalah sikap, tekad, perilaku warga negara yang menunjukkan kecintaannya kepada sebuah negara mulai anak-anak sampai orang tua. Upaya bela negara diperlukan karena adanya tanggung jawab untuk mempertahankan keutuhan negara.

“Tujuan Bela Negara Mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara, Melestarikan budaya, Menjalankan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945, Berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara, Menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara”, terang Danrem 133/Nani Wartabone.

Baca Juga:   Wujudkan Lumbung Pangan Desa, Maringka Sosialisasikan Manfaat 'Kacang Koro'

Brigjen TNI Amrin Ibrahim juga menjelaskan tentang fungsi Bela Negara Mempertahankan negara dari berbagai ancaman, Menjaga keutuhan wilayah negara, Merupakan kewajiban setiap warga negara dan Merupakan panggilan sejarah

“Manfaat Bela Negara yaitu Membentuk sikap disiplin waktu, aktivitas, dan pengaturan kegiatan lain, Membentuk jiwa kebersamaan dan solidaritas antar sesama rekan seperjuangan, Membentuk mental dan fisik yang tangguh, Menanamkan rasa kecintaan pada bangsa dan patriotisme sesuai dengan kemampuan diri, Melatih jiwa leadership dalam memimpin diri sendiri maupun kelompok, Membentuk iman dan takwa pada agama yang dianut masing-masing individu, Berbakti pada orang tua, bangsa, dan agama, Melatih kecepatan, ketangkasan, ketepatan individu dalam melaksanakan kegiatan, Menghilangkan sikap negatif seperti malas, apatis, boros, egois, dan tidak disiplin, Membentuk perilaku jujur, tegas, adil, tepat, dan kepedulian antar sesama”, pungkas Danrem.

(Adi)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button