DMI Lantik Pengurus DKM Baiturrahman dan Pengurus Masjid Jami Se-Kecamatan Modayag

0
23

Boltim, TimurTimes.com – Berlamgsung di Masjid Baiturrahman Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Besar Baiturrahman dan Pengurus Masjid Jami pada tiap desa se-Kecamatan Modayag, dilantik Jumat, (25/3/2022).

Kegiatan yang diprakarsai Pimpinan Cabang Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Modayag itu, merujuk pada Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor DJ.II/802 Tahun 2014 Tentang Standar Pembinaan Manajemen Masjid.

Sejumlah pengurus Masjid Besar Kecamatan Modayag dilantik langsung oleh Camat Modayag, Asral Mamonto, S.Pd dan Pengurus Masjid Jami pada 14 Desa di Kecamatan Modayag dilantik oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Modayag, Sukaryanto Sudikromo, S.Pd.

“Sebelum kegiatan pelantikan, telah dilakukan tahapan penentuan Masjid Besar yang berada di Kecamatan Modayag, melalui Rekomendasi Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Modayag, untuk selanjutnya diterbitkan SK Penetapan Masjid Besar oleh Camat Modayag, serta Penentuan Masjid Jami yang terletak di pusat pemukiman pada 14 desa di wilayah Kecamatan Modayag, sekaligus di lakukan pemilihan kepengurusan Masjid Jami oleh Jama’ah dan ditetapkan oleh Pemerintah setingkat kelurahan/Desa atas Rekomendasi Kepala KUA Kecamatan Modayag, (Kepdirjen Bimas Islam/DJ.II/802 Tahun 2014),” kata Ketua DMI Kecamatan Modayag, Sukaryanto Sudikromo.

Usai pelantikan, diserahkan SK Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Besar Kecamatan Modayag dan SK Pengurus Masjid Jami’ untuk 14 Desa se-Kecamatan Modayag. Selanjutnya para Pengurus menerima Sertifikat Tipologi Masjid, sebagai tanda penetapan Masjid Besar kecamatan dan Masjid Jami pada wilayah desa se-Kecamatan Modayag.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Pimpinan Cabang Dewan Masjid Indonesia (DMI) Modayag, selaku penyelenggara kegiatan pelantikan, Para Penyuluh Agama Islam Kecamatan Modayag serta Jama’ah Masjid Besar Baiturrahman Kecamatan Modayag. (JB)

Baca Juga:   Pekan Depan Akan Digelar Lomba Mengaji Antar SKPD di Lingkup Pemkab Boltim