Bolmong RayaPolitik dan Pemerintahan

Cuaca Tak Menentu, Wakil Ketua DPRD Boltim: Masyarakat Tetap Waspada


Boltim, Timur Times.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ( Boltim) mengingatkan, masyarakat tetap waspada. Kondisi cuaca yang tak menentu, memantik reaksi DPRD Boltim ini.

Peringatan tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Muhammad Jabir, Rabu (13/4/2022).

Dirinya mengungkapkan, masyarakat untuk siaga terutama yang tinggal di daerah rawan bencana. Seperti berpotensi terjadinya longsor dan banjir, karena hujan yang disertai angin kencang.

“Pada kondisi cuaca musim penghujan kali ini, dimana curah hujan tinggi kadangkala disertai angin kencang kiranya kita semua dapat meningkatkan kewaspadaan, mengingat bencana alam dapat saja menjadi ancaman bagi kita,” ujar Jabir.

“Bahaya Banjir tidak hanya mengancam daerah aliran sungai, tapi wilayah perkampungan juga perlu diwaspadai. Banyak bangunan yang berdiri di daerah rawan longsor dan daerah rawan terdampak longsor sehingga kita semua perlu tingkatkan kewaspadaan,” sambungnya.

Komisi ll Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan ini berharap, sebagai mitra kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), wilayah yang terdampak bencana segera ditangani sesuai kewenagan dan lebih proaktif melakukan pemetaan wilayah rawan bencana.

“Kami berharap untuk daerah terdampak bencana dapat segera ditangani oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah sesuai kewenangannya dan lebih proaktif melakukan pemetaan wilayah rawan bencana,” ungkapnya.

Jabir menyebutkan, terkait penanggulangan bencana, BPBD dapat berkolaborasi dengan pemerintah desa, sebab kata dia, desa ada kewajiban pemerintah desa mengalokasikan sebagian anggaran untuk penanggulangan bencana.

“BPBD dapat berkolaborasi dengan pemerintah desa dalam penanggulangan bencana. Di desa ada kewajiban pemerintah desa mengalokasikan sebagian anggaran untuk penanggulangan bencana, Kiranya itu dapat dimaksimalkan.
Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022, diprioritaskan untuk program kegiatan percepatan pencapaian SDGs Desa,” urai Jabir.

Baca Juga:   Bupati Sachrul Pimpin Upacara Bendera Peringatan HGN ke-77

“Pada Bab II Pasal 5 disebutkan bahwa Prioritas Penggunaan Dana Desa diarahkan untuk program dan/atau kegiatan percepatan pencapaian SDGs Desa melalui:
pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Desa;
program prioritas nasional sesuai kewenangan Desa; dan
mitigasi dan penanganan bencana alam dan non alam sesuai kewenangan Desa,” tukasnya. (JB)

 

 

 

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button