Pemkab Boltim Dirikan Posko Terpadu di Kecamatan Motongkad

0
14
Foto: Posko terpadu penanganan pasca banjir Desa Motongkad Utara (Foto: Istimewa)

Boltim, Timur Times.com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mendirikan posko terpadu bagi warga korban banjir di Desa Motongkad Utara, Kecamatan Motongkad.

Penanganan pasca banjir, termasuk tempat masyarakat mengadukan dan mencari informasi soal keadaan dan kondisi di wilayah tersebut, jadi tujuan.

Hal ini sebagaimana disampaikan Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boltim, Fitra Damopolii, Selasa (5/4/2022).

“Kita bangun posko terpadu, untuk penanganan darurat bencana banjir di Motongkad Utara,” ujar Damopolii.

“Posko terpadu itu juga dibangun untuk relawan dan tim untuk membantu penanganan pemulihan pasca banjir termasuk di dalamnya ada TNI Polri, Tim Kesehatan, Dinas Sosial, BPBD, PMI dan relawan lainnya,” sambungnya.

Menurutnya, sebagai bagian dari tanggung jawab Pemkab Boltim, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD Provinsi terkait bantuan rumah.

“Sesuai hasil koordinasi dengan BPBD Provinsi, kita lakukan koordinasi untuk bantuan rumah. Jadi bukan hanya sekedar sembako saja, karena kebutuhan pokok kan ada sandang pangan dan papan. Dana darurat punya aturan dan poin-poin yang perlu dikoordinasikan, yang pasti untuk rumah akan ada tanggung jawab pemerintah,” jelas Damopolii.

“Saat ini bagaimana kita makan dulu, kesehatan yang dijaga, masalah sandang dan papan akan dipikirkan oleh pemerintah dan tetap akan dibangun,” timpalnya.

Ia pun mengimbau, masyarakat tidak mudah percaya isu-isu hoaks yang tidak bertanggung jawab di media sosial, karena pada dasarnya Pemerintah akan tetap membantu.

“Prinsipnya kebutuhan dasar disaat bencana pasti akan ada bantuan,” kunci mantan Sekretaris Diskominfo ini. (*/JB)

Baca Juga:   Pekan Depan Akan Digelar Lomba Mengaji Antar SKPD di Lingkup Pemkab Boltim