Dinas Pertanian Bersinergi Dengan Polres Boltim Antisipasi Penyakit PMK

0
77

Boltim, Timur Times.com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Pertanian bersinergi dengan Kepolisian Resor (Polres) Boltim dalam rangka mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kukuh (PMK), Rabu (25/5/2022).

Kepala Dinas Pertanian Mat Sunardi menuturkan melalui Bidang Peternakan melakukan pemantauan di wilayah tutuyan untuk pemeriksaan kehamilan ternak sapi agar tetap terjaga kesehatannya secara inseminasi guna mewujudkan ketersediaan bibit unggul sapi jenis Lemosin dan Po.

“Maka melalui bidang peternakan dan polres melakukan pemantauan di wilayah Tutuyan, sekaligus pemeriksaan kehamilan ternak sapi dan dari kegiatan ini adalah upaya  bagian penanggalan dini, awal agar kesehatan ternak sapi terjaga sapi yang  birahi dan siap kawain dilakukan inseminasi buatan guna mewujudkan secara bertahap ketersediaan bibit unggul sapi antara lain, jenis lemosin dan PO,” ujar Mat Sunardi.

Ia berharap untuk para peternak sapi  intinya dari kegiatan ini adalah upaya  bagian penanganan dini dan awal agar kesehatan ternak sapi terjaga, tidak mudah terserang virus PMK.

“Selanjutnya dilakukan sosialiasi ke para peternak gejala penyakit mulut dan kuku serta upaya pencegahan karena bila sudah terserang sulit disembuhkan, penyakit ini disebabkan oleh virus yang berakibat ternak golongan ruminansia napsu makan berkurang, lama-lama tidak mau makan dan berakibat lumpuh serta  menyebabkan kematian.

Pihak Kepolisian Boltim saat ini bekerjasama dengan Dinas Pertanian untuk melakukan pemantauan dan langkah antisipasi sekaligus edukasi kepada para peternak,” terang Sunardi.

Mat juga mengimbau para pernak sapi harus menjaga kebersihan kandang sapi dan memberikan vitamin dan makan yang cukup.

“Dinas pertanian para peternak agar menjaga kebersihan kandang, pemberian vitamin  dan menjaga hewan ternak diberikan makan yang  cukup,” tandasnya.

Baca Juga:   Sambut Harganas Ke-29, Pemkab Boltim Gelar Kegiatan Jalan Sehat

(Jumadi Bawenti)