Wujudkan Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian Perkuat Jajaran Internal dan Turun Lapangan

0
78

Boltim, TimurTimes. com- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) untuk mewujudkan ketahanan pangan, Dinas Pertanian perkuat jajaran internal dan turun lapangan, Kamis (26/5/2022).

Hal tersebut dilontarkan Kepala Dinas Pertanian Mat Sunardi. Dirinya mengatakan dalam rangka mewujudkan ketersediaan pangan Pemerintah Kabupaten Boltim melakukan pembinaan internal kepada Balai Penyuluhan Pertanian (BPP).

“Dalam rangkah mewujudkan ketersediaan pangan di daerah, Dinas Pertanian melakukan langkah-langkah pembinaan internal kepada para petugas yang terkait baik para penyuluh pertanian, pengamat hama penyakit yang home base berada di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), hal ini dilakukan guna memberikan pemahaman yang sama atas tujuan organisasi agar sasaran yang telah direncanakan dapat diimplementasikan sampai ditingkat lapangan,” ujar Sunardi.

Sunardi berharap kepada Kepala Bidang Koordinator BPP bekerjasama dengan Dinas Pertanian untuk melakukan pengecekan langsung pupuk di kios-kios, pengecer, Irigasi dan persawahan yang tersebar dituju  kecamatan.

“Harapan saya guna memastikan hal tersebut dinas pertanian bersama kepala bidang, koordinator BPP, dan para penyukuh melakukan pengecekan langsung sarana pendukung yang ada di lapangan meliputi ketersediaan pupuk di kios-kios  pengecer, hambatan yang dihadapi para pengecer pupuk yang tersebar di 7 kecamatan, begitu pula sarana irigasi tersier yang ada di area persawahan,” terangnya.

Ia mengimbau untuk pengecer pupuk agar mendengar langsung apa yang menjadi kendala dalam menghadapi usaha tani karena penting untuk Masyarakat.

“Dalam kesempatan kunjungan ke lapangan, Dinas Pertanian melakukan audensi langsung dengan petani, pengecer pupuk, untuk mendengar langsung apa yang menjadi kendala yang dihadapi dalam usaha tani hal  ini dimaksudkan agar perumusan kebijakan nantinya mengingat dalam berbagai kesempatan untuk kepentingan masyarakat agar  persoalan dapat secepatnya diselesaikan dengan tuntasnya,” tutupnya. (Jumadi Bawenti)

Baca Juga:   Sambut Harganas Ke-29, Pemkab Boltim Gelar Kegiatan Jalan Sehat