Bolmong RayaEkonomi Bisnis

Cegah PMK Distan Boltim Gelar  Sosialisasi Pada Peternak


Boltim,Timur Times.com – Menyadari adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Dinas Pertanian bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) melakukan sosialisasi kepada para peternak di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Senin (27/6/2022).

Kepala Distan Boltim Mat Sunardi mengatakan dengan menurunkan   petugas lapangan, karena PMK merupakan wabah virus pada hewan ternak yang sangat menular dan menyerang semua hewan berkuku seperti Sapi, Kerbau, Kambing dan Domba.

“Penyakit Mulut dan Kuku juga dikenal sebagai Food And Mouth Disease jenis penyakit ini disebabkan Virus Tipe A, Picornaviridae , Genus Apthovirus,  Aphtaee Epizootecae dan kehilangan napsu makan, keluar air liur hingga luka pada pada kuku-kuku ternak, “ujar Sunardi.

Sunardi juga menuturkan untuk mencegah Virus PMK, peternak harus rajin membersihkan kandang di areal tersebut dengan mengunakan deterjen.

“Mencegah penularan dan penyebaran virus PMK adalah melakukan desinfeksi di sekitar kandang secara berkala dengan deterjen dan melakukan penyemprotan Desinfektan,” pungkasnya.

(Jumadi Bawenti)

 

Baca Juga:   Polres Boltim Berhasil Selesaikan Kasus Penganiayaan Secara RJ

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button