Dinas Pertanian Boltim Lakukan Pemetaan Lahan Sawah

0
32

Boltim, Timur Times.com – Untuk mengetahui kondisi exiting luas lahan sawah di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Dinas Pertanian (Distan) bersama Tenaga Ahli Universitas Sam Ratulangi turun melakukan pemetaan menggunakan Drone Geodetik, Jumat (17/6/2022).

Kepala Distan Boltim, Mat Sunardi mengatakan, Alat ini dapat merekam dengan akurat, tajam ketingkat erornya kecil dibanding dengan GPS.

“Tujuannya agar kita mendapatkan data base lahan sawah yang pastinya akan dilakukan pendataan by Name by Adress kepada para petani dan dilakukan pemetaan,” ujar Sunardi.

“Dan yang menjadi tujuan dari kegiatan ini adalah setiap provinsi dan kabupaten kota harus mempunyai Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B, red) karena sesuai dengan Perintah Perundang-undangan yang setiap provinsi dan kabupaten kota harus punya perda guna mengurangi laju alih fungsi lahan sawah produktif ke sektor lainya,” terang Sunardi.

Dijelaskannya, hal ini dilakukan guna mempertahankan kebutuhan bahan pangan dan alih fungsi lahan sawah menjadi industri tetap, dapat dilakukan seusai dengan perundang-undangan  yang berlaku dalam kajian yang matang.

“Dalam hal daerah tidak memiliki  perda LP2B akan menghambat usulan program yang pembiayaannya berada  di APBN karena di sistem menjadi persyaratannya,” papar Sunardi.

Kadis juga mengimbau kepada petani sawah untuk melakukan tahapan proses, karena dalam hal tersebut akan melibatkan tenaga ahli Profesional.

“Kita lakuan dulu tahapan dan proses ini dengan kemampuan yang ada, karena masih ada tahapan  selanjutnya yang membutuhkan dukungan pendanaan karena melibatkan tenaga ahli dan profesional,” pungkasnya.

(Jumadi Bawenti)

Baca Juga:   Distan Boltim Bersama Bidang Penyuluhan Gelar Pelatihan Tematik