Dukung Sektor Perkebunan, Distan Salurkan Bantuan Bibit dan  Pupuk

0
43

Boltim, Timur Times.com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pertanian (Distan) bersinergi dengan Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mewujudkan bantuan program rehabilitasi tanaman Pala dari Dinas Provinsi Sulut bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2022.

Kapala Distan Boltim Mat Sunardi mengatakan, ini merupakan komitmen Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI) Kadis Perkebunan Sulut dan Bupati untuk kemajuan Daerah Boltim baik sektor perkebunan dan tanaman pangan.

“Dari jumlah 20 Poktan yang diusulkan dengan Luas 200 Ha, dapat disetujui Pak Menteri. Adapun bantuan yang diberikan adalah pupuk 900 kg dan 600 batang Pala siap tanam per/kelompok. penyaluran bantuan dilakukan  secara bertahap mulai hari ini,” kata Sunardi Kamis (9/6/2022).

Dituturkannya, untuk penyaluran pupuk organik untuk tahap selanjutnya menunggu selesainya proses pengadaan oleh Disbun Provinsi yang sedang berlangsung. Program Rehab Tan Pala ini, tersebar di tiga kecamatan yaitu Kotabunan,
Tutuyan, dan Motongkad.

“Kepada kelompok tani agar bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik poktan tidak perlu khawatir soal tekhnis pemeliharaan tanaman pala karena saat ini Distan mempunyai Petugas teknis di lapangan yang tersebar di 7 kecamatan yaitu penyuluh pertanian yang selalu siap memfasilitasi petani dalam hal pendampingan teknisnya,” ujar Sunardi.

Kadis berharap kepada para petani agar ke depan tanaman dapat dipelihara dengan baik dan meningkatkan perekonomian petani di Daerah Kabupaten Boltim.

“Harapan saya 3-4 tahun ke depan sudah bisa kita lihat hasilnya sehingga kami mengharapkan agar ditanam dan dipelihara dengan baik agar dapat meningkatan perekonomian petani di daerah, juga merupakan investasi jangka panjang, jangan ada yang menjual bibitnya dan ingin instan mendapatkan uang, bila ditemukan ini melanggar hukum karena poktan telah terikat dengan pernyaan tertulis. Mari kita wujudkan Boltim yang terbaik sesuai fungsi dan skil yang kita miliki. Insya allah sukses,” pungkasnya. (Jumadi Bawenti)

Baca Juga:   Peduli Korban Bencana Minsel, PMI Boltim Gelar Penggalangan Dana