Pacu Target Protein Hewan, Dinas Pertanian Lakukan Pemeriksaan Keswan

0
28

Boltim, TimurTimes.com – Dalam  upaya menjaga kesehatan hewan (keswan) Ruminansia khusunya ternak sapi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui tenaga teknis Bidang Peternakan dan Dinas Pertanian melakukan pemeriksaan keswan, Selasa (7/6/2022).

Kepala Dinas Pertanian Mat Sunardi menuturkan, untuk mendeteksi adanya gejala penyakit pada ternak pihaknya melakukan pemeriksaan kepada para peternak sapi khususnya di Kabupaten Boltim.

“Ini dimaksudkan untuk mendeteksi secara dini adanya gejala penyakit pada ternak agar tidak terjadi penularan pada ternak lainya fokus pemeriksaan dilakukan pada para peternak yang sapinya dikandangkan dan dipersiapkan untuk dijual pada hari raya qurban nanti, “ujar Sunardi.

Kadis mengimbau kepada para peternak sapi agar selalu melakukan pemeriksaan kesehatan pada Induk sapi pedet mengingat ada kenaikan  protein hewan.

“Disamping itu saya mengimbau pemeriksaan kesehatan juga dilakukan pada induk sapi pedet agar kesehatan tetap terjaga dan tumbuh sehat mengingat kebutuhan akan protein hewani mengalami kenaikan seiring dengan kesadaran masyarakat akan konsumsi gizi yang cukup,” pintanya.

Ia juga berharap para peternak sapi menjaga kesehatan hewan dan sanitasi kandang.

“Saya berharap kesempatan tersebut dilakukan edukasi pada para peternak bagaimana menjaga kesehatan hewan dan sanitasi kandang serta pemanfaatan limbah ternak menjadi
pupuk organik buat tanaman,” pungkasnya. (Jumadi Bawenti)

 

Baca Juga:   Distan Boltim Bersama Bidang Penyuluhan Gelar Pelatihan Tematik