Bolmong RayaEkonomi Bisnis

Pastikan Keberadaan Sapi Yang Diasuransikan, Distan Boltim Pasang Aetage


Boltim, Timur Times.com – Di Tahun 2022 Kementerian Pertanian, Republik Indonesia (RI) melakukan pembentukan asuransi bagi para peternak yang ada di Indonesia melalui Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), bekerjasama dengan PT JASINDO.

Kepada Distan Boltim Mat Sunardi mengatakan, asuransi tersebut yang di  tanggung oleh Kementerian Pertanian ada 80 persen dan 20 persen di tanggung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), provinsi kepada pemilik ternak.

“Ada 80 persen sasaran yang di utamakan dari Kementerian Pertanian dan APBD 20 persen untuk para ternak sapi yang diasuransikan dan dilakukan dipasang tanda aertege pada kuping sapinya, “ujar Sunardi, Kamis (30/6/2022).

Dituturkannya asuransi yang sudah diusulkan dari pemerintah daerah untuk para peternak hanya berlaku sampai satu tahun dan akan diusulkan kembali tergantung dana yang sudah disediakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Asuransi ini hanya berlaku satu tahun dan berikutnya dapat diusulkan kembali sesuai dengan ketersediaan Dana APBN untuk  tahap awal yang sudah diasuransikan sebanyak 50 ekor sapi dari pemerintah daerah untuk peternak dan Distan memberikan perlindungan asuransi,” tutur Sunardi.

Sunardi juga berharap kepada para peternak agar senantiasa mengumpulkan kotoran sapi karena bisa diolah menjadi pupuk organik sesuai struktur tanah yang ada.

“Diharapkan untuk para peternak sapinya harus dikandangkan karena kotorannya dapat diolah menjadi pupuk organik sesuai struktur tanah dalam upaya mewujudkan kembali agricuture, “pungkasnya.
(Jumadi Bawenti)

Baca Juga:   Pemkab Boltim Gelar Upacara Bendera HUT Korpri Ke-51

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button