Bolmong RayaEkonomi Bisnis

Pastikan Lokasi Usulan JUT, Dinas Pertanian Lakukan CPCL


Boltim, Timur Times.com -Dalam rangka memastikan kelayakan usulan yang disampaikan oleh

Petani Poktan di Wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Pertanian dan pimpin langsung lakukan Calon Petani Calon Lahan (CPCL), Senin (6/6/2022).

Kepala Dinas Pertanian Mat Sunardi menuturkan hal ini dimaksudkan agar lokasi Jaringan Usaha Tani (JUT)
yang sudah diusulkan sesuai dengan  kewenangan Dinas Pertanian, bisa ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU).

“Dalam pelaksanaan, melibatkan Petani desa dan penyuluh petani di lokasi yang diusulkan, karena merekalah yang akan menerima manfaat nantinya JUT sangat membantu para petani sawah untuk mengatur aliran air ke tempat persawahan agar dapat diatur dengan baik,” ujar Sunardi.

Ia mengatakan akan melakukan verifkasi untuk CPCL agar usulan di lokasi tepat sasaran dan semua kegiatan, teknis titik, peta polygon tidak ditolak sistem.

“Saya mengimbau dan membenarkan bahwa semua usulan akan dilakukan verifkasi melalui CPCL agar tepat lokasi dan sasaran, hal ini berlaku pula untuk semua kegiatan baik JUT bantuan benih, dan bantuan lainya dan untuk usulan bantuan kepusat lebih ketat lagi harus melampirkan data teknis titik koordinat dan peta polygon kalau tidak ditolak oleh sistem,” ucapnya.

Sunardi berharap kepada kelompok Petani Poktan harus terdaftar dalam sistem simluhtan sehingga mudah untuk cek dalam memberikan bantuan dan harus memenuhi syarat.

“Saya berharap selanjutnya Poktan juga harus terdaftar dalam sistem  yaitu simluhtan sehingga mudah di cek dan direview oleh Irjentan serta  terdokumen baik sistem Poktan yang telah mendapat bantuan dan yang belum hal ini agar tidak tumpang tindih dalam memberikan bantuan   ulang pada petani Poktan yang sama guna memenuhi Syarat,” pungkasnya.

(Jumadi Bawenti)

 

Baca Juga:   Musrenbang Kecamatan, Air Bersih Jadi Usulan Kapus Buyat

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button