Bolmong RayaPolitik dan Pemerintahan

Antisipasi Masuknya Hewan Qurban, Distan Boltim Lakukan Penjagaan Di Pos Perbatasan


Boltim, Timur Times. com – Dalam rangka menghadapi hari raya qurban, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pertanian (Distan) menurunkan petugas teknis melakukan pemeriksaan hewan, Kamis (7/7/2022).

Kepala Dinas Pertanian, Mat Sunardi, mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan hewan yang masuk ke Boltim dari perbatasan harus betul-betul sehat khususnya di Kecamatan Kotabunan dan Desa Buyat.

“Dalam operasi ini saya ingin memastikan hewan yang masuk dari luar daerah itu ke Boltim betul sehat dan dilengkap dengan dokumen¬† keterangan dari instasi teknis asal ternak di peroleh dari mana,” ujar Sunardi.

Sunardi juga menuturkan sejak ada Penyakit Mulut dan Kukuh (PMK) diberbagai wilayah khususnya di Sulawesi, Distan melakukan langkah tersebut karena ini sudah menjadi perhatian dari kementerian.

“Sejak adanya wabah PMK yang sudah masuk di wilayah pulau Sulawesi maka Dinas Pertanian juga¬† melakukan langkah antisipasi ini menjadi perhatian dari kementerian,” ungkap Sunardi.

Kadis juga mengungkapkan hewan qurban harus sehat dan akan dicek kesehatannya hal ini dilakukan untuk mencegah PMK yang sudah menyebar di Sulawesi. Katanya, Menteri Pertanian Republik Indonesia akan rapat dengan seluruh Camat se-Indonesia, memberikan pemahaman.

“Ini dilakukan untuk memastikan hewan qurban betul sehat dan terindikasi penyakit dan dicek kesehatannya. Seiring dengan wabah PMK, besok Menteri Pertanian RI akan rapat virtual dengan seluruh camat se-Indonesia untuk memberikan pemahaman akan PMK ini,” pungkasnya. (Jumadi Bawenti )

Baca Juga:   Balon Gubernur Sulut, HNSI Sulut Siap Dukung Jan Samuel Maringka

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button