Lingkungan dan KesehatanMinahasa Raya

Cegah Penyakit Degeneratif, RS Advent Manado Gelar Diabetes Reversal Program

Tomohon, Timurtimes.com – Salah satu upaya untuk mencegah penyakit degeneratif di masyarakat, Rumah Sakit Advent Manado gelar Diabetes Reversal Program. Agenda ini digelar di Kelurahan Taratara Tiga, Kecamatan Tomohon Barat, Selasa (26/07/2022).

“Permasalahan Sulawesi Utara menurut riset kesehatan dasar tahun 2018 secara nasional, penyakit yang bukan infeksi cukup tinggi berada di Sulut. Seperti obesitas, hipertensi, diabetes, stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal,” Hal itu dikatakan Direktur Rumah Sakit Advent Manado dr. Reuben V. T. Supit,¬† kepada media ini saat diwawancarai usai kegiatan.

“Jadi kami mempunyai program untuk penyakit-penyakit yang degeneratif. Penyebab utamanya adalah pola hidup seperti pola makan, gerak badan kurang, sering merokok, minum alkohol dan stress,” katanya.

“Setelah kita melihat hal ini, kami mencoba suatu program yang sederhana untuk masyarakat. Pertama pemeriksaan sederhana seperti tekanan darah, berat badan, gula darah, asam urat dan kolesterol.
Solusinya adalah dengan mengkonsumsi makanan dari nabati. Seperti tinutuan, ikan woku, tahu tempe, dan air kelapa muda,” lanjut Supit.

Dikatakannya, hal itu dicoba dalam jangka waktu 10 minggu, dan diukur terutama gula darahnya. Apakah gula darah akan turun ketika tidak mengkonsumsi obat.

“Setelah kami mengadakan program ini di 6 tempat, kita lihat ada perubahan. Hasil dari program Diabetes Reversal ini, akan kami kumpul untuk buat kesimpulan, bahkan jika bisa akan kita publikasikan. Agar supaya manfaat ini bisa diketahui oleh masyarakat dan dunia ilmiah,” tuturnya.

Dilanjutkannya, bahwasanya program ini mereka lanjutkan di tempat-tempat terutama di dekat pantai atau laut. Karena, mereka melihat bukan hanya ada penyakit gula tapi juga ada asam urat di sana.

“Hasil-hasil ini baru awal, tapi pengembangan selanjutnya akan kami buat pafa program-program¬† lainnya. Untuk soal biaya ini adalah hasil sumbangan dan biaya sedikit dari rumah sakit,” ujar Direktur Supit.

Baca Juga:   Senduk Lantik Pengurus Koperasi Konsumen Tomohon Hebat

Supit berharap, bagi tim penyelenggara
dan para pemerhati-pemerhati untuk dapat mempercayai mereka, dapat memberikan bantuan dana, dan dukungan sumber daya lainnya, agar manfaat ini bisa diperluas ke seluruh daerah di Indonesia.

Sasaran kami adalah seluruh masyarakat, tapi yang hadir ini adalah para lansia. Pertama itu karena mereka ada yang sudah tidak kerja jadi banyak waktu luang. Kedua mereka juga sudah ada yang gangguan kesehatan, Ketiga ketika kami mengajukan program ini di Kota Tomohon orang yang lanjut usia itu banyak,” tandasnya. (Etzar Tulung)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button