Bolmong RayaEkonomi Bisnis

Distan Boltim Tindaklanjuti Rapat Evaluasi Di Lapangan Bersama Petani


Boltim, Timur Times.com – Guna mendapatkan data yang lebih akurat dan menindaklanjuti hasil rapat evaluasi Rabu, 27 Juli 2022, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) langsung action di lapangan bersama petani.

Kepala Distan Boltim Mat Sunardi mengatakan untuk petani yang mempunyai lahan sawah akan dilakukan pengambilan data base satelit di lapangan.

“Petani yang memiliki lahan sawah akan dilakukan pengecekan untuk mendapatkan data base yang akurat dari data peta citra satelit dan disingkronkan dengan fakta lapangan, “ujar Sunardi, Kamis (28/7/2022).

Kadis menuturkan hal ini dilakukan untuk memperjelas data base by,
by name adress dan koordinat yang pasti.

“Dengan cara ini kita akan memperoleh data base yang  baik, by name, by adress, by NIK, by luasan dan by titik koordinat,” imbuh Sunardi.

Sunardi mengungkapkan, Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) dibutuhkan data yang jelas dan juknis agar mempermudah perumusannya.

“Pemetaan LP2B dibutuhkan data akurat sesuai dengan juknis yang  ditetapkan ke depan akan memudahkan dalam perumusan dan kebijakan karena data basenya jelas,” ungkap Sunardi.

Lanjutnya petani harus memberikan data insentif untuk lahan sawah dan luasnya.

“Hal ini termasuk dalam memberikan kebijakan insentif dan disentif bagi para petani dengan demikian ke depan untuk  lahan sawah exiting bisa kita pastikan luasnya,” pungkasnya.

(Jumadi Bawenti)

Baca Juga:   Sadam Apresiasi Kegiatan Pemerintah Kecamatan Kotabunan

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button