Bolmong RayaEkonomi Bisnis

Idhul Adha 1443 H, Masyarakat Boltim Sembelih 219 Hewan Qurban


Boltim, Timur Times. com –  Menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah tahun 2022 masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) sembelih hewan qurban sebanyak 181 ekor sapi dan 38 ekor kambing.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Boltim, Mat Sunardi, Selasa (12/7/2022).

Menurut Sunardi, data tersebut diterima oleh petugas teknis di lapangan.

“Data diperoleh dari desa-desa dan camat, bagian kesra, petugas teknis  pertanian. Dari hasil pemantauan, pemeriksaan kesehatan di lapangan ternak yang di qurbankan semua gemuk dan sehat ini mengindikasikan bahwa ternak yang layak untuk di qurban dalam hari raya Idhul Adha, “ujar Sunardi.

Kadis juga menuturkan setelah  berdiskusi dengan para peternak, mereka sangat bersyukur karena harga ternak ada kenaikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Dan hasil musyawarah dengan para peternak berdampak pula pada pendapatan mereka karena harganya lebih baik dibanding pada saat itu dan mereka bersyukur, akan mempersiapkan lagi hewan yang  baik, sehat untuk dipelihara persiapan hewan kurban di tahun akan datang,” ungkap Sunardi.

Sunardi menambahkan, menjelang hari raya Idul Adha harga ternak sapi dan kambing mengalami kenaikan 10 persen bahkan lebih tergantung dari ukurannya.

“Menjelang hari raya qurban ternak sapi dan kambing mengalami kenaikan tidak kurang 10 persen bahkan lebih tergantung ternaknya karena pembeli terkadang melihat sapinya mulus, sehat, bodi bagus dan gemuk,” pungkasnya.
(Jumadi Bawenti)

 

Baca Juga:   Musrenbang Kecamatan, Air Bersih Jadi Usulan Kapus Buyat

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button