Minahasa RayaPendidikan

KKN Mahasiswa Unsrit Angkatan 21 Sukses Digelar, Rektor Apresiasi Pemkot Tomohon

Tomohon, Timurtimes.com – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Sariputra Indonesia (Unsrit) Tomohon angkatan 21 tahun 2022 di Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, sukses dilaksanakan.

Memang dari awal karena di kampus itu ada istilah Tridharma Perguruan tinggi, ada pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Maka KKN ini merupakan salah satu bagian dari pengabdian kepada masyarakat.

Ket: penyerahan bendera KKN oleh Camat Tomohon Selatan Kepada Rektor Unsrit.

Hal itu dikatakan Rektor Unsrit, Aprildy R.A.Ferdinandus, S.T., M.T., kepada media ini ketika diwawancarai usai kegiatan Penarikan Mahasiswa KKN tahun 2022, di Kantor Kecamatan Tomohon Selatan, Jumat (22/07/2022).

“Seperti yang saya katakan sebelumnya kepada mereka, bahwa tidak ada gunanya kampus itu berdiri megah, kalau masyarakat sekitar tidak terdampak. Sehingga, salah satu upaya kampus untuk membangun masyarakat sekitar adalah dengan melalui KKN,” ucap Rektor.

Ket: Rektor Unsrit saat diwawancarai media ini.

“Memang sudah ada MoU dengan Pemerintah Kota Tomohon, bahwa kegiatan KKN mulai tahun ini dipusatkan di Kota Tomohon. Karena kampus Unsrit berada di Tomohon, maka masyarakat Tomohon harus terdampak dengan adanya kampus ini,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk kampus Unsrit sendiri kegiatan KKN dilakukan satu tahun sekali, dengan jangka waktu 1 bulan 2 minggu. Berkaitan dengan kurikulum yang baru kemungkinan kedepannya akan dilakukan minimal 4 bulan.

Rektor pun juga memberikan apresiasi sangat tinggi untuk Pemerintah Kota Tomohon, khususnya Pemerintah Kecamatan Tomohon Selatan, yang telah menerima mahasiswa Unsrit dengan sangat baik.

“Mahasiswa kami telah diterima dengan sangat baik, diurus dengan sangat baik, dan dijamin dengan sangat baik. Ketika ditanya kepada mahasiswa terkait penyambutan, jamuan dan lain-lain, itu mendapat respon positif dari kelurahan-kelurahan,” ungkapnya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini mahasiswa bisa memiliki dampak yang sangat berarti. Karena mahasiswa itu bukan juga hanya menerima pembelajaran di kampus, tapi juga bisa mendapat pembelajaran di dunia nyata.

Baca Juga:   Pilwako 2024, Sesepuh Beringin Sebut Miky Wenur Kader dan Calon Terbaik

Dilanjutkannya, tentu saja mahasiswa itu dapat menempatkan diri sebagai masyarakat yang berpikiran untuk membangun kelurahan atau desa di tempat mereka berada.

“Jadi saya berharap, itu akan akan berguna untuk mahasiswa kedepannya, saat nantinya mereka sudah lulus atau sarjana, pasti akan ada dampak yang mereka bawa untuk masyarakat di lingkungan sekitar mereka,” pungkasnya.

Ketua panitia KKN Githa Rumambi, S.E., M.M., menambahkan selaku panitia pelaksana KKN Unsrit angkatan XXI tahun 2022 sangat bersyukur dan berbahagia atas terlaksananya kegiatan ini.

Ket: Ketua panitia Githa Rumambi, S.E, M.M., saat diwawancarai.

“Pelaksanaan KKN ini di mulai dari 16 Juni 2022 dan berakhir 22 Juli 2022. Semua juga dengan adanya dukungan dari pemerintah Kecamatan Tomohon Selatan, yang menyambut dengan sangat baik mahasiswa KKN Unsrit,” tuturnya.

Dilanjutkannya, peserta yang mengikuti KKN Unsrit Angkatan XXI Tahun 2022 sebanyak 109 mahasiswa, dibagi menjadi dua tim KKN satgas dan KKN reguler Untuk KKN Reguler sebanyak 77 Mahasiswa & Satgas 32 Mahasiswa.

“Berharap bagi seluruh mahasiswa yang telah mengikuti KKN, semua ilmu yang telah didapat akan bermanfaat bagi mahasiswa kedepannya, terutama manfaat Mengasah Keterampilan dalam memecahkan masalah, Belajar bekerja sama, Menimbulkan profesionalitas, Meningkatkan Kepedulian Sosial, dan Mengembangkan diri,” kuncinya. (Etzar Tulung)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button