Bolmong RayaRagam

Pastikan Ketersediaan Pupuk, Distan Boltim Lakukan Edukasi


Boltim, Timur Times.com – Saprodi adalah sarana penunjang pokok  dalam sektor ketersediaan pupuk. Untuk memastikan hal ini, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melakukan cek langsung di kios dan pengecer.

Kepala Dinas Pertanian Mat Sunardi mengatakan, dalam menghadapi  pupuk bersubsidi yang semakin terbatas, Distan Boltim berdiskusi dengan PIC untuk mencari solusinya.

“Pada  kesempatan ini dinas menggandeng PIC pupuk kalimanan Timur berdiskusi untuk mencari solusi dan alternatif ke depan dalam rangka menghadapi subsidi pupuk yang makin berkurang seiring kemampuan keuangan negara,” ujar Sunardi, Rabu (13/7/2022).

Kadis juga menuturkan kepada Para Petani agar melakukan efisiensi pupuk non subsidi.

“Harapannya petani agar melakukan efisiensi penggunaan pupuk non subsidi dan pupuk organik guna menjawab keterbatasan pupuk yang saat ini menjadi persolan Nasional,” ungkap Sunardi.

Sunardi mengimbau kepada petani yang belum terdaftar namanya di Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK) agar melakukan penebusan karena akan mempengaruhi kuota petani.

“Kepada para Poktan dan petani yang  sudah terdafatar namanya di RDKK agar segera melakukan penebusan kalau tidak pupuk bisa direlokasi ke daerah lain kalau tidak di tebus, dan hal ini akan mempengaruhi kuota di tahun yang akan datang bagi petani,” kata Sunardi.

Ia menambahkan bagi petani yang belum menebus dan tidak terdaftar di RDKK mekanismenya tiap kelompok tani sudah tahu.

“RDKK ini akan mulai disusun lagi  untuk tahun 2023 dan bagi yang tidak terdaftar tidak dapat menebus pupuk  itu mekanismenya para petani yang tergabung dalam kelompok tani sudah tahu,” pungkasnya.
(Jumadi Bawenti)

Baca Juga:   Wujudkan Lumbung Pangan Desa, Maringka Sosialisasikan Manfaat 'Kacang Koro'

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button