Nasional

Peduli Korban Bencana di Amurang, DPD RI Serahkan Bantuan Task Force

Minsel, Timurtimes.com – Kunjungan Kerja (Kunker) Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Rabu (6/7/2022) diisi dengan penyerahan Bantuan Dana Task Force sebesar Rp50 juta bagi korban bencana abrasi pantai Teluk Amurang serta dialog dengan Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minsel.

Bantuan diserahkan Wakil Ketua I DPD-RI Letjen TNI Marinir (Purn) Dr Nono Sampono SPi MSi didampingi Ir Stefanus BAN Liow MAP, Senator dari Daerah Pemilihan Sulawesi Utara kelahiran Amurang Minsel dan Ir. H Djafar Alkatiri MM MPdI di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Lewet Kecamatan Amurang.

Bantuan diterima Pemkab Minsel melalui Wakil Bupati Pdt Petra Yani Rembang MTh didampingi Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Glady Nova Lynda Kawatu SH MSi dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Minsel.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut Drs Joy EB Oroh, Kepala BPBD Minsel Thorie Recky Joseph SH MM, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Minsel Royke Ronald Durand ST MT dan Camat Amurang Roommy Rumagit SSos turut menyaksikan penyerahan bantuan tersebut.

”Bantuan ini berasal dari gaji para anggota DPD-RI yang disisihkan. Semoga bisa bermanfaat untuk meringankan beban korban bencana alam di Minsel,” kata Nono Sampono.

Sebelum menyerahkan bantuan, tim DPD-RI terlebih dahulu meninjau lokasi bencana di Kelurahan Uwuran Satu Kecamatan Amurang. Kunjungan dilanjutkan ke lokasi hunian sementara para korban bencana di perkebunan Kelurahan Bitung.

Mantan Kepala Basarnas ini mengapresiasi penanganan bencana yang dilakukan Pemkab Minsel. Menurutnya, Pemkab Minsel sangat tanggap terhadap penanganan bencana.

”Kami akan memanggil kementerian dan lembaga terkait begitu selesai kunjungan kerja ini untuk membahas kelanjutan proses percepatan penanganan bencana alam di Amurang,” kata Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) era Presiden Gus Dur dan Megawati Soekarno Putri ini.

Kunker DPD-RI di Kabupaten Minsel tak lepas dqri andik Senator Ir Stefanus BAN Liow MAP yang memberikan saran dan masukan kepada Wakil Ketua I DPD-RI untuk berkunjung ke Kabupaten Minsel, setelah melakukan kunker di Kota Tomohon.

”Sebagai putra asli Minsel, saya mengapresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya kepada Wakil Ketua I DPD-RI Pak Nono Sampono yang datang melihat langsung lokasi bencana dan tempat hunian sementara serta memberikan bantuan,” kata Stefa–sapaan akrabnya. ir Stefanus BAN Liow MAP seraya menambahkan DPD-RI hanya bisa menyerahkan bantuan kemanusiaan sekadarnya.

Senator Stefa mengapresiasi Pemkab Minsel yang berkolaborasi dan bersinergi bersama Forkopimda dalam penanganan bencana di Teluk Amurang yang terjadi 15 Juni lalu.

”Kami juga salut kepada Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw yang telah menghibahkan lahan seluas lima hektar untuk relokasi korban bencana di Amurang,” kata Ketua P/KB Sinode GMIM periode 2014-2018 ini.

Usai meninjau lokasi bencana dan menyalurkan bantuan, Tim DPD-RI melakukan pertemuan dengan Bupati Minsel Franky Donny Wongkar SH dan berdialog dengan Forkopimda dan jajaran Pemkab Minsel serta tokoh agama dan tokoh masyarakat. (Etzar Tulung)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button