Bolmong RayaRagam

Pemkab Bersama KNPI dan Karang Taruna Boltim Bahas Sejarah Bogani Inde Dou dan Tadohe


Boltim, Timur Times.com – Deskripsi perjalanan Bogani Inde Dou dan Tadohe ke wilayah Timur Totabuan digali. Pengupasan sejarah para pemimpin Bolaang Mongondow ini tersaji pada seminar kebudayaan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), bekerja sama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Karang Taruna Boltim.

Kantor Bupati Boltim jadi tempat pembahasan jejak ekspedisi para Bogani tersebut, Kamis (7/7/2022).

Perkataan ini dilontarkan Ketua Karang Taruna Boltim, Mohamad Taufik Mamonto. Ia menuturkan, agenda perdana ini merupakan langka awal bagi mereka bagaimana mengangkat kembali budaya dan sejarah yang sudah lama dilupakan dan menjadi momentum bagi mereka untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten pada 21 Juli mendatang.

“Kegiatan ini dalam rangka mengkaji lagi deskripsi sejarah Inde Dou dan Tadohe di wilayah Timur Totabuan, suapaya bagaimana kita sebagai generasi muda dan pada umumnya masyarakat Bolaang Mongondow Timur bisa paham bagaimana perjalanan bogani-bogani di Timur Totabuan,” ujar Mamonto.

Mantan Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Kotabunan ini mengatakan, narasumber yang mereka datangkan yaitu dari pihak sejarawan dan budayawan Bolaang Mongondow Raya (BMR). Di antaranya, Chairun Mokoginta dan Umaruddin Mokodongan.

“Kegiatan hari ini menjadi menarik dan harus terus digalakkan, karena kita sebagai generasi muda sangat penting untuk menjaga identitas Bolaang Mongondow. Kegiatan kebudayaan seperti ini harusnya sering-sering didiskusikan dan di dialogkan agar generasi muda bisa memahami betul apa identitas kita sebagai orang Bolaang Mongondow,” ujarnya.

Diketahui, seminar kebudayaan yang dibuka langsung oleh Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto ini di dukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan Dinas Pariwisata Boltim.

Baca Juga:   Polres Boltim Berhasil Selesaikan Kasus Penganiayaan Secara RJ

Turut hadir pada agenda ini juga, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Utara (Sulut) Boby Daud, Sekretaris Daerah (Sekda) Sonny Warokka, para Asisten, sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala desa, tokoh adat dan tokoh masyarakat. (Jumadi Bawenti)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button