Bolmong RayaEkonomi Bisnis

Wujudkan Bibit Unggul, Distan lakukan Inseminasi Buatan


Boltim, Timur Times.com – Memenuhi kebutuhan protein hewani di daerah, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) dan Puskeswan melakukan inseminator kawin yang dikenal Inseminasi.

Kepala Distan Boltim, Mat Sunardi, mengatakan, peternak harus meningkatkan Inseminasi Buatan (IB) untuk menghasilkan Sapi Pedet.

“Buatan motode IB ini menghasilkan
sapi pedet yang berkuakitas, harga jualnya tinggi dan pertumbuhan lebih cepat karena berasal dari genetik yang  baik,” ujar Sunardi, Senin (25/7/2022).

Dituturkan Kadis, para peternak lebih meningkatkan pola kawin ternak mengingat bibit pedet makin terbatas.

“Pola kawin alami mulai ditinggalkan para peternak mengingat pejantan yang unggul makin terbatas untuk menghadapi dilakukan IB dan mempercepat pertumbuhan pedet-pedet yang baru,” ungkap Sunardi.

Sunardi juga mengungkapkan keterbatasan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD), belum bisa menunjang operasionalnya karena Bibit Semen Beku harus sesuai standar.

“Disisi lain tim teknis UPTD belum  bisa optimalkan pelayanan mengingat keterbatasan tenaga teknis penunjang untuk operasionalnya, harusnya ada kendaraan box khususnya mobilisasi bibit semen beku strouw untuk dibawah ke tujuan sesuai standar di daerah, “imbuh Sunardi.

lanjut Kadis mengatakan, Distan akan berupaya mendukung program ini agar bisa terlaksana.

” Dengan segala kekurangan, kami tetap berupaya bagaimana caranya agar program ini bisa terlaksana dan Insya allah semua urusan jadi mudah,” pungkasnya.

(Jumadi Bawenti)

Baca Juga:   Puluhan Sangadi Boltim Lanjut Studi Tiru di Desa Cibiru Kabupaten Bandung

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button