Bolmong RayaPolitik dan Pemerintahan

Bupati Sam Sachrul Mamonto Terima Kunjungan Sultan Ternate


Boltim, Timur Times.com – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos., M Si., menerima kunjungan Sultan Ternate ke-49, Hidayatullah Sjah, di Kantor Bupati Boltim, Kamis,  (4/8/2022).

Lawatan Sultan Hidayatullah Sjah ke Kabupaten Boltim dalam rangka menjalin silaturahmi dengan pemerintah daerah, utamanya masyarakat asal Maluku Utara yang sudah lama menetap di Totabuan paling Timur.

“Kunjungan ini juga dalam rangka membangun ikatan kerjasama untuk membangun kemajuan kebudayaan serta pariwisata antara Boltim dan Kota Ternate,” kata Sultan.

Sultan menyebut, Boltim dan Ternate memiliki sejarah yang begitu panjang.

“Dahulu Bolaang Mongondow pernah menjadi wilayah Kerajaan Ternate, dan lebih khusus lagi saya yang merupakan Sultan Ternate merupakan keturunan Raja Cornelis Manoppo. Artinya saya juga masih keturunan Raja Mongondow dan saya kesini seperti pulang kampung,” ungkapnya.

Dengan demikian lanjut Sultan Hidayatullah, Kesultanan Ternate juga akan memberikan gelar kepada Bupati Boltim.

“Kami juga akan memberikan gelar kepada pak Bupati yaitu gelar Salahakan. Salahakan adalah Wakil Sultan yang ditempatkan di wilayah yang dulu pernah diduduki oleh Kesultanan Ternate, berdampingan dengan Raja Mongondow, dan ini kami wujudkan kembali dengan satu tujuan yakni membangun kebudayaan demi mewujudkan pariwisata yang lebih maju,” tukasnya.

(*/Jumadi Bawenti)

 

Baca Juga:   Puluhan Sangadi Boltim Lanjut Studi Tiru di Desa Cibiru Kabupaten Bandung

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button