Minahasa Raya

Kantor Kelurahan Lahendong Kosong, Mandagi: Kita Akan Panggil


Tomohon, Timur Times.com – Pelayanan kepada masyarakat merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan pemerintah. Salah satu contoh pelayanan yang baik, para pegawai harus berada di kantor selama jam kerja.

Apalagi kantor kelurahan yang merupakan salah satu ujung tombak pelayanan. Pegawai atau staf, harus selalu ada di jam kerja. Agar supaya ketika ada masyarakat yang memerlukan pelayanan di kelurahan, akan bisa langsung dibantu.

Kondisi berbeda terjadi di Kantor Kelurahan Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan. Pantauan media ini, Rabu (03/08/2022), sekira pukul 14:30 Wita, kantor itu sama sekali tidak berpenghuni.

“Kami mau bawa berkas karena di kelurahan kan sudah bisa buat kartu keluarga, akte lahir, kartu identitas anak, tapi kantor tak ada orang,” kata seorang pegawai Kantor Catatan Sipil Kota Tomohon, yang terlihat kesal ketika datang ke Kantor Kelurahan Lahendong namun tak ada orang.

Kondisi itu direspons serius Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Drs. O. D. S. Mandagi, M.A.P.  Ia mengatakan kecamatan atau kelurahan adalah unsur pelayanan langsung kepada masyarakat.

“Tapi juga, karena mereka adalah bagian dari unsur kewilayahan, maka mereka juga banyak melakukan aktivitas di luar kantor,” katanya.

“Akan tetapi apapun alasan itu, walaupun mereka melakukan tugas di luar kantor, selaku instansi atau perangkat daerah yang melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat, memang harus ada pegawai yang stay atau tinggal di kantor dan tidak boleh kosong,” lanjut Mandagi.

Pelaksana tugas (Plt) Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra itu juga mengatakan, apabila kantor itu kosong maka itu disebut sebagai suatu pelanggaran. Karena meninggalkan tempat, sedangkan masih pada jam kantor.

“Sehingga tentunya kalau itu terjadi, kita akan memanggil kelurahan yang bersangkutan, untuk meminta keterangan seperti apa klarifikasi yang akan disampaikan oleh lurah,” ucapnya.

Baca Juga:   Meriahkan HUT Proklamasi Ke-77, Kelurahan Taratara Tiga Gelar Berbagai Lomba

Ia menegaskan, walaupun sementara dalam kegiatan persiapan Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF), di kantor kelurahan harus ada orang untuk melayani.

“Tetapi kalau sudah kosong sama sekali, yah pasti sudah ada pelanggaran disiplin yang dilakukan. Apapun alasannya, walaupun sementara ada kegiatan dalam menunjang kegiatan TIFF, namanya masih dalam jam kantor mereka harus ada di lokasi,” tandasnya.

(Etzar Tulung)

 

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button