Bolmong RayaSulut

Distan Boltim Bersama Dinas Peternakan Sulut Lakukan Sosialisasi ke Peternak Di Kecamatan Modayag

Boltim, TimurTimes.com – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bekerjasama dengan Dinas Peternakan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para peternak di wilayah Kecamatan Modayag.

Hal tersebut dilakukan mengingat populasi hewan ternak sapi untuk tahun ini sudah terlalu banyak sehingga akan dilakukan pencegahan dengan cara melakukan vaksinasi secara bertahap.

“Untuk mengantisipasi serangan penyakit, sapi para peternak akan diberikan vaksinasi secara bertahap sebagaimana vaksinasi pada kasus Covid-19 untuk memberikan daya tahan dan imun pada hewan ternak sapi,” ujar Sunardi, saat dikonfirmasi media Timur Times.com di ruang kerjanya, Kamis (3/11/2022).

Kadis menyebutkan para peternak harus menjaga kebersihan kandang dan melakukan suntikan anti biotik pada ternak sapi, memberikan asupan gizi yang cukup agar terhindar dari Penyakit Mulut dan Kukuh (PMK).

“Hal ini salah satu upaya pencegahan, namun yang utama peternak perlu menjaga kebersihan kandang sapinya, juga penyemprotan dengan anti biotik dan pemberian makan yang sehat dan cukup. Dengan langkah ini insya allah Boltim terhindar dari ancaman PMK,” jelas Sunardi.

Sambung Sunardi, “Kita sebagai instan teknis berkewajiban memberikan edukasi lebih awal dan dipahami oleh para petugas dan peternak,” pungkas Sunardi. (Jumadi Bawenti)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button