Bolmong RayaPendidikanSulut

Tahun Depan Disdikbud Boltim Siapkan Aplikasi Non-Tunai Bagi Pengelola PAUD

Boltim, Timur Times.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bekerjasama dengan Bank SulutGo menyiapkan aplikasi non tunai kepada guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Hal ini dikatakan Kepala Dinas (Kadis) dikbud Boltim, Yusri Damopolii, kepada media Timur Times.com di ruang kerjanya, Kamis (3/11/2022).

Menurutnya pembelanjaan dana secara non-tunai untuk Tahun 2023 sudah melalui sistem aplikasi.

“Proses pembelanjaan dana itu sudah harus menggunakan dengan sistem non tunai dan tidak boleh ada lagi pengeluaran secara tunai. Dinas pendidikan akan bekerjasama dengan Bank SulutGo untuk menyiapkan aplikasi proses pembayaran secara non tunai. Dan itu sudah dilaksanakan sosialisasi awal sehubungan dengan perencanaan untuk bagaimana cara menginput berbagai macam item pengeluaran itu didalam sistem aplikasi,” ujar Damopolii.

Damopolii menyebutkan sistem aplikasi ini akan mempermudah bendahara untuk mentransfer dana pembelanjaan kepada
pihak ketiga.

“Hal ini sangat menunjang terutama bagi semua pengelola yang ada di PAUD dan mempermudah administrasinya, juga pihak lembaga, bendahara untuk mentransfer tidak lagi memegang uang tapi melakukan sistem, dana itu sudah langsung kepada pihak ketiga,” jelasnya.

“Di Sekolah Paud dan TK ada dana pembelanjaan dari kementerian di Tahun 2023. Ini ada seratus dua belas lembaga nantinya akan diolah dengan pembelanjaan non tunai karena ini sudah menjadi peraturan dari kementerian keuangan, sudah harus mempergunakan pembelanjaan non tunai,” imbuh Damopolii.

Kadis menambahkan nantinya dilakukan pelatihan di bulan Januari dan akan mengundang operator sekolah untuk melakukan bimtek tentang bagaimana caranya menginput program kegiatan tersebut.

“Untuk pembekalan pelatihan dimulai dari bulan Januari. Akan diundang semua operator untuk melakukan bimtek khusus tentang bagaimana cara menginput program kegiatan itu. Kepala sekolah mengecek kegiatan itu,” pungkas Damopolii. (Jumadi Bawenti)

Baca Juga:   Polres Boltim Berhasil Selesaikan Kasus Penganiayaan Secara RJ

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button