Bolmong RayaEkonomi Bisnis

Tingkatkan Kualitas Produk Kopi Rebusan Dinas Perkebunan Sulut Kunjungi Boltim

Boltim, Timur Times.com –  Upaya meningkatkan kualitas produk kopi rebusan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tim Dinas Perkebunan Sulawesi Utara (Sulut) melakukan kunjungan di wilayah Kecamatan Modayag.

Kepala Dinas Pertanian Boltim, Mat Sunardi, mengatakan, dalam kunjungan tersebut untuk memonitoring dan mengevaluasi pestisida nabati yang diuji cobakan pada areal tanaman.

“Tujuan dari penerapan pestisida nabati diharapkan produk kopi kedepan bebas dari residu bahan kimia dan memperoleh produk yang natural,” ujar Sumardi, Jumat (18/11/2022).

Sunardi menyebutkan edukasi ini dilakukan agar para petani kopi bisa beralih mengingat produk bahan kimia saat harganya sudah semakin mahal.

“Langkah ini diambil untuk memberikan edukasi pada para petani kopi agar secara perlahan bisa beralih mengingat produk bahan kimia saat ini makin mahal harganya yang biasanya dipergunakan pada pemeliharaan tanaman oleh para petani,” jelas Sunardi.

Mantan Kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Boltim, ini menuturkan ke depan para petani lebih menyadari dampak dan efisien pemeliharaan tanaman sehingga produk dapat ditekan.

“Mudah-mudahan kedepan para petani akan lebih menyadari akan dampak dan efisiensi dalam pemeliharaan tanaman dan bisa menganalisis  sehingga biaya produksi dapat ditekan,” pungkas Sunardi.
(Jumadi Bawenti)

 

Baca Juga:   Pupuk Bersubsidi Sulit Didapatkan, Miky Wenur Minta Petani Jangan Dirugikan

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button