Bolmong RayaEkonomi Bisnis

Distan Boltim Antisipasi Serangan Hama Pada Tanaman Jagung

Boltim, TimurTimes.com –Pengendalian hama dan penyakit sangat berpengaruh pada produktivitas tanaman jagung apabila tidak dilakukan secara dini dan dilakukan pengamatan sejal awal. setiap fase pertumbuhan ada ancaman serangan, baik masa vegeritatif maupun generatif dan jenis hamanya juga berbeda beda.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Mat Sunardi, Kamis (1/12/2022).

“Kelalaian dalam hal ini bisa berdampak pada gagal panen akibat lalai dalam pengamatan dan tindakan, apalagi bila hama terjadi secara explosif akan menjadi tidak efektif dan efisien dalam melakukan tindakan,” ujar Sunardi.

Sunardi menyebut, dalam upaya mengantisipasi hal tersebut, pihaknya menggandeng petugas pengamat hama dan penyakit dari Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Tim Dinas Pertanian bekerja sama dengan petugas pengamat hama dan penyakit yang nota bene mereka adalah petugas Dinas Pertanian Sulut yang ditempatkan di kabupaten/kota,  kita gandeng untuk melakukan pengamatan langsung bersama para penyuluh pertanian pada tanaman jagung,” beber Sunardi.

Sunardi menambahkan bahwa prinsip pengendalian Hama dan Penyakit (HP) yang benar meliputi tepat waktu, tepat jenis, tepat sasaran dan tepat aplikasi.

“Ini harus dipahamkan pada para petani, agar mereka bisa melakukan tindakan sesuai rekomendasi teknis. Insya Allah dengan cara ini akan bermanfaat,” harapnya.
(Jumadi Bawenti)

 

Baca Juga:   Entry Meeting Bersama BPK Sulut, Bupati Sachrul Berharap Seluruh OPD Koperatif

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button