Bolmong RayaPolitik dan Pemerintahan

Pemdes Bulawan Gelar Musdes dan Penetapan Anggaran Tahun 2024

Boltim,TimurTimes.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Bulawan Kecamatan, Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa tahun anggaran 2024.

Agenda tersebut berlangsung di Kantor Desa Bulawan, pada Selasa (17/1 2023).

Pada kesempatan itu, Sangadi (Kepala Desa) Bulawan, Zulkifly Lahay, mengatakan, “Sebelum kita masuk dalam pembahasan saya akan menyampaikan mengenai Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes,red) sendiri berasal dari usulan-usulan masyarakat pada musyawarah tingkat dusun.”

“Dalam penyusunan rencana kerja pemerintah desa yang dikoordinir oleh pejabat Sangadi itu lanjut Lahay, acuanya adalah RPMJDes yang telah disusun oleh pemerintahan sebelumya dan masa pakainya itu adalah 2017 sampai dengan 2022 kenapa, karena kami¬†berdasarkan aturan yang berlaku pejabat sangadi itu tidak bisa menyusun RPMJDes,” ujar Lahay.

Lahay menyebutkan RPMJDes tersebut yang sudah disusun oleh pemerintahan desa sebelumnya pihaknya akan mengevaluasi dan akan menjadikan acuan dalam program  penyusunan rencana pemerintahan desa.

“Sehingga acuannya adalah RPMJDes periode yang lalu itu yang akan kita jadikan acuan dalam penyusunan rencana kerja pemerintah desa dan kita mengevaluasi RPMJDes yang kemarin itu mana program kegiatan belum sempat tersentuh selama enam tahun berjalan pemerintahan sebelumnya,” sebut Lahay.

Lahay menuturkan program kerja prioritas pemerintahan desa ini dipimpin pejabat sangadi dan tetap mengacu pada aturan yang sudah diterbitkan oleh Kementerian Desa (Kemendes).

“Program-program ini yang akan menjadi program kerja prioritas oleh pemerintah desa yang dipimpin oleh seorang pejabat sangadi jadi dia tidak membuat RPMJDes dia mengacu pada RPMJDes yang telah ditetapkan sebelumnya sambil tetap mengacu kepada aturan-aturan yang telah diterbitkan oleh kementerian terkait dalam hal Kementerian Desa,” tutur Lahay.

Lahay menambahkan penggunaan Dana Desa (DD) tersebut ada beberapa program prioritas yang akan dijalankan terutama pengembangan Desa Wisata.

Baca Juga:   Pemdes Bulawan Gelar Rapat Evaluasi Kinerja Aparat Desa

“Saya sampaikan bawah penggunaan dana desa ini ada beberapa prioritas jadi rencana kerja yang kita susun itu yang pertama¬†berhubungan dengan pemulihan ekonomi nasional sesuai dengan kewenangan desa misalnya pemberian pengembangan kapasitas Badan Usaha milik desa dan pemberian pengembangan usaha ekonomi produktif yang ada di desa untuk pengembangan desa wisata,” kata Lahay.

Sambungnya “Kita juga ada prioritas yang berasal dari program nasional misalnya ketahanan pangan kemudian ada program penurunan stunting, peningkatan kualitas sumber daya manusia warga desa, peningkatan ketertiban masyarakat dalam pembangunan pemberdayaan masyarakat desa, perluasan akses layanan kesehatan dan seterusnya, itu menjadi hal-hal yang perlu kita perhatikan bersama dalam menyusun rencana kerja pemerintah desa, kita akan fokus menyusun rencana yang akan dilaksanakan di tahun 2024,” beber Lahay.

Di penghujung acara, Lahay meminta kepada masyarakat Desa Bulawan jika dalam menjalankan tugasnya sebagai sangadi ada suatu kesalahan wajib menegurnya.

“Jika saya salah tolong tegur dan ingatkan,” tutup Lahay.
(Jumadi Bawenti)

 

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button