Bolmong RayaPolitik dan Pemerintahan

Pemdes Bulawan Gelar Rapat Penyusunan Rencana Kerja dan Pembahasan Anggaran Tahun 2024

Boltim, Timurtimes.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Bulawan, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ( Boltim), menggelar rapat musyawarah dusun dalam ranka penyusunan rencana kerja dan pembahasan anggaran tahun 2024.

Agenda tersebut tersaji di kediaman Kepala Dusun 3 Desa Bulawan, Hendrawati Nasaru, Minggu (8/1/2023).

Sangadi (Kepada Desa) Bulawan, Zulkifly Lahay, berujar, musyawarah dusun tersebut bertujuan untuk penyusunan rencana kerja tahun 2024 agar dapat terwujud dan memfasilitasi program-program yang lebih baik.

“Musyawarah dusun dalam rangka penyusunan rencana kerja pembangunan Desa Bulawan tahun anggaran 2024 dan mensejahterakan masyarakat ini dapat terwujud dengan tujuan bagaimana agar supaya bisa memfasilitasi atau menyusun program kerja yang lebih baik,” ujar Lahay.

Lahay menyebutkan program kerja Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), pihaknya sudah menerima surat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), diberi waktu mulai dari tanggal 10 sampai dengan 17.

“Program kerja yang dapat mensejahterakan kita semua dan seluruh unsur masyarakat di Desa Bulawan, setelah menerima surat dari PMD yang menginstruksikan kepada para sangadi agar supaya melaksanakan musrenbang desa itu diawali dengan musyawarah dusun, beri waktu dari tanggal 10 sampai dengan tanggal 17,” beber Lahay.

Lahay menuturkan musyawarah ini dilakukan lebih awal karena waktunya sangat singkat dan ada banyak hal-hal penting nantinya akan disampaikan oleh masyarakat agar pihaknya bisa mengidentifikasi langsung apa-apa yang menjadi usulan.

“Saya berkomunikasi dengan teman-teman aparat bagaimana kalau kita laksanakan terlebih dahulu dari pada jadwal yang ada agar supaya hasilnya bisa lebih baik. Mudah-mudahan hasil lebih dari yang diharapkan, maksud dari pada musyawarah ini dilaksanakan ditingkatkan dusun adalah agar supaya kita bisa mengidentifikasi langsung kepada masyarakat melalui posisi yang lebih dekat kalau kita langsung di musyawarah desa apa lagi waktunya cuma satu hari terkadang ada hal-hal penting akan terlewati karena banyak yang akan disampaikan oleh masyarakat,” tutur Lahay.

Baca Juga:   VIDEO: Masyarakat Bulawan Terima Sejumlah Bantuan Dari Pemdes

Lahay berharap program kerja ini menyentuh langsung kepada kepentingan dan kebutuhan serta kesejahteraan, masyarakat.

“Diharapkan kepada masyarakat program kerja yang kami buat itu bisa menyentuh langsung pada kepentingan masyarakat sehingga tidak ada program yang mubazir, musyawarah ini atau program kerja itu benar-benar dilaksanakan dan akan berhubungan langsung dengan kebutuhan, kesejahteraan masyarakat, mungkin juga tidak menutup kemungkinan dapat melaksanakan di tahun 2023 jika memang tersedia mekanisme untuk itu walaupun ini kita membicarakan program 2024, tapi apabila anggaran di kabupaten dapat mengakomodir apa yang kita usulkan dapat pula kita melaksanakan di tahun 2023,” tutup Lahay. (Jumadi Bawenti)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button