Minahasa RayaPendidikan

Perpustakaan SD Inpres Taratara Dua Memprihatinkan

Tomohon,Timurtimes.com – Membaca buku merupakan hal penting bagi siswa dan orang banyak pada umumnya.

Manfaatnya untuk meningkatkan kinerja otak, menambah pengetahuan dan wawasan, mengasah daya ingat, dan meningkatkan konsentrasi atau fokus. Menunjang hal tersebut, tentunya diperlukan ruang baca atau perpustakaan.

“Untuk perpustakaan di sekolah ini ada. Kita memberi jadwal kepada anak-anak untuk bergilir masuk ke perpustakaan setiap hari,” kata Kepsek SD Inpres Taratara Dua, Lian Pondaag, S.Pd., Selasa (24/01).

Dikatakannya, pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, membuat minat baca anak-anak menurun.

“Salah satu usaha sekolah untuk membangkitkan minat baca siswa, setiap pagi pada saat apel sebelum memulai pelajaran, saya dan guru-guru mengajak mereka untuk membaca. Apa saja yang mereka baca itu kami evaluasi,” ucapnya.

Dilanjutkan Pondaag, untuk buku yang menjadi referensi belum masuk, tapi buku untuk menunjang pembelajaran wajib ada. Pengadaanya didanai anggaran dana BOS.

“Perpustakaan tetap dibuka sampai jam pulang sekolah. Walaupun dalam keterbatasan sarana dan prasarana untuk menunjang kenyamanan di ruang baca,” terang Pondaag.

Dijelaskannya, perpustakaan disekolah ini sudah dibangun sejak lama. Sehingga sarana kursi, bangku dan rak buku sudah tidak layak pakai.

“Karena, salah satu cara untuk menarik minat baca siswa, adalah dengan tersedianya sarana dan prasarana yang baik dan layak,” tandasnya. (Etzar Frangky Tulung)

Baca Juga:   Patuhi Aturan Pemerintah, PWI Tomohon Sambangi Badan Kesbangpol

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button