HiburanMinahasa RayaRagamReligi

Pesta Malam Gembira, Tradisi ‘Kunci Taon’ Orang Taratara

Tomohon,Timurtimes.com – Mengakhiri tahun 2022 dan mengawali tahun 2023, ada berbagai cara tersendiri dari masing-masing daerah untuk memaknainya. Salah satunya, dalam pemaknaannya ada acara unik yang dilakukan oleh masyarakat Taratara Raya.

Mereka lebih memilih melakukan ‘dugem’ bersama atau ‘malam gembira’ di balai pertemuan umum kelurahan dan aula wisma gereja Katolik. Acara ini telah dilakukan orang taratara setiap tahun, di hari Minggu bulan Januari.

Terlihat, Minggu (29/01) berbagai kalangan masyarakat, dari anak-anak, remaja, pemuda, orang tua, dan lansia pun berkumpul bersama di balai kelurahan Taratara Dua dan Aula Wisma Gereja Katolik St. Santo Antonius Padua Taratara. Mereka bersama-sama merayakan tradisi ‘kunci taon”.

Bahkan pun, pemerintah kelurahan dan pimpinan gereja di Taratara Raya, ikut serta mengisi acara dan memantau situasi, agar bisa berlangsung dengan baik dan aman terkendali.

Perasaan semangat dan senang diekspresikan dengan canda tawa dan teriakan masyarakat, menandakan hubungan kekeluargaan, persaudaraan, keakraban dan pertemanan terjalin sangat baik.

Berbagai ungkapan kebahagiaan pun dilontarkan oleh masyarakat. “Acara ini sangat baik. Karena, semua orang taratara dari berbagai kalangan boleh berkumpul bersama untuk merayakan kunci taon,” ucap salah satu masyarakat, Lisa Rombon.

“Sangat senang dan bangga boleh menjadi orang taratara, keakraban dan kekeluargaan sangat tinggi. Contoh kongkrit melalui acara ini. Semua orang taratara boleh berkumpul bersama, dugem bersama untuk kunci taon,” kata Rizky Tanod, usai mengikuti acara.

“Semoga acara ini tidak hanya sampai saat ini saja, tapi pada tahun depan dan selanjutnya akan tetap ada. Karena ini sudah menjadi tradisi orang taratara,” tandasnya.

Pesta malam gembira ini pun, berakhir dengan baik dan aman. Masyarakat kembali ke rumah masing-masing dengan perasaan bangga dan bahagia. (Etzar Frangky Tulung)

Baca Juga:   Ketua DMI Boltim Salat Idul Fitri 1445 H di Masjid Al-Multazam Desa Bulawan

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button