Bolmong RayaPendidikan

Sandang Gelar Magister Ekonomi, Bupati Sebut Samsudin Dama Luar Biasa

Manado,Timur Times.com – Rasa kagum diungkapkan oleh Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, S.Sos., M.Si., kepada Samsudin Dama (Sadam).

Sebab, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim itu, baru saja berhasil melewati tahap ujian tesis hingga berhak menyandang gelar Magister Ekonomi (ME), di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, pada Rabu (18/1/2023).

“Pak Samsudin itu luar biasa, menghargai proses bahwa pendidikan itu tidak harus instan, tapi dia mengikuti proses mulai dari pendaftaran, mata kuliah sampai dua tahun lebih,” ucap orang nomor satu di Boltim ini.

Pucuk pimpinan Timur Totabuan ini menyebutkan, sekarang banyak orang yang mendapatkan gelar dengan cara mudah, yang penting punya uang mereka bisa mendapatkan gelar apa saja, namun wakil rakyat asal Desa Bulawan Satu, Kecamatan Kotabunan itu mendapatkan titel dengan menjalani proses.

“Menurut saya Pak Samsudin pe nilai itu jadi plus di mata teman-teman DPR. Artinya disaat menjadi seorang anggota DPR masih ingin mengejar jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ini menjadi contoh dan motivasi buat anak-anak muda di Boltim bahwa ‘torang’ yang senior-senior pun, Pak Samsudin juga, masih sempat meluangkan waktu untuk meraih gelar S2 dan kita apresiasi,” ucap top eksekutif Boltim ini.

Bupati Sachrul mengungkapkan, ketika banyak orang Boltim berfikiran seperti Sadam maka mereka tidak hanya membangun sebuah daerah, tetapi mereka membangun paradigma baru yaitu peningkatan sumber daya masyarakat dan itu hebat.

“Sesuatu yang baik harus saling memberikan motivasi. Sekarang ada banyak lagi yang termotivasi kepada Pak Samsudin, itu penularan ‘depe nama’. Menularkan sesuatu yang baik, bukan memberi pelajaran tapi kalau ini sesuatu yang baik dan menular, karena banyak yang termotivasi setelah Pak Samsudin,” tutur Sachrul.

Baca Juga:   Ketua BULD DPD RI Bawakan Kuliah Umum di ITM Tomohon

Diakui bupati, satu-satunya S2 di DPRD Boltim ini telah mendorong banyak orang untuk tetap menuntut ilmu dan motivasi tersebut sangat diapresiasi.

“Ketika ada banyak orang di Boltim seperti itu, Boltim akan jadi hebat beberapa tahun lagi ke depan karena diisi oleh orang-orang yang punya sumber daya hebat, mumpuni dengan pendidikan yang tidak didapatkan dengan instan. Sekolah benar-benar sekolah dan menempuh jenjang kuliah dengan normal,” tandasnya. (Jumadi Bawenti)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button