Bolmong RayaEkonomi Bisnis

Distan Boltim Bersama BI Lakukan Bimbingan ke Petani WUBI

Boltim,Timur Times.com – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bekerjasama dengan tim Konsultan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara (Sulut) melakukan bimbingan pada petani Wirausaha Bank Indonesia (WUBI) di tahun 2023.

Kepala Dinas Pertanian Boltim, Mat Sunardi, mengatakan, dalam kunjungan tersebut untuk melihat langsung pengembangan kopi robusta di Kabupaten Boltim.

“Dari hasil usulan dan kunjungan kelapangan dan melihat langsung pengembangan kopi yang mulaiĀ  tergerus dengan hortikultura, BI ingin mendorong agar kopi robusta Boltim tetap bisa dipertahankan karena punya sejarah sendiri begitu pula upaya Dinas Pertanian melakukan pengembangan,” ujar Sunardi, Minggu (5/2/2023).

Sunardi menyebutkan tim dari pihak BI akan berkunjung di wilayah Kecamatan Modayag dan memberikan pengetahuan dan keterampilan pada petani.

“khusunya di wilayah Kecamatan Modayag karena petaninya animonya tinggi dan ulet dalam berusaha tani dan ternak pihak BI akan memperkuat pengetahuan, sikap dan keterampilannya agar lebih meningkat,” sebut Sunardi.

Dituturkannya tahun ini telah terpilih petani yang dibimbing oleh BI melalui program Persyaratan Umum Bahan Bangunan di Indonesia (PUBI).

Kata dia, WUBI yaitu petani poktan pembudidaya pengelola kopi bubuk asli di Kabupaten Boltim.

“Bimbingan ini akan diberikan selama satu tahun dengan dibantu pelatihan yang dilakukan di hotel minimal bintang tiga oleh BI, namun petani tidak diberikan uang saku maupun transportasi, ini pola baru yang diterapkan dalam WUBI dan PUBI dengan dasar konsep petani yang ingin maju tentunya mau berkorban untuk dirinya sendiri dan ke depan akan menjadi petani yang mandiri,” pungkasnya. (Jumadi Bawenti)

 

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button