Bolmong RayaPolitik dan Pemerintahan

Salehe: PKD Bekerja Sesuai Amanah Negara

Boltim,Timurtimes.cim – Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan Desa (PKD) di sekujur pelosok tanah para Bogani   diminta bisa bekerja sesuai dengan tugas, wewenang dan tanggung jawab yang telah diamanahkan oleh Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 108, 109 dan 110.

Perkataan tersebut dilontarkan Ikal Salehe S.Kep., anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Divisi Hukum Pencegahan Humas dan Hubal (HP2H), usai menghadiri agenda pelantikan PKD se-Kecamatan Kotabunan yang dihelat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Bulawan Satu, belum lama ini.

“Harapan kami adalah tugas dan wewenang dari Panitia Pengawas Pemilu Panwaslu kelurahan desa, tentunya bisa bertugas sesuai dengan amanah negara yang diberikan lewat pakta integritas yang telah dibacakan oleh mereka masing-masing,” ujar Salehe.

Disebutkannya, pelantikan PKD yang ada di Kecamatan Kotabunan dan Tutuyan pada hari itu sesuai tahapan dan seharusnya dilantik setelah pengumuman namun itu disesuaikan dengan kondisi yang ada.

“Ini sebagai bentuk mengawal tahapan Pemilihan Umum Pemilu. Melengkapi instrument pengawasan dalam pembentukan PKD, sehingga dalam proses tahapan Pemilu tentunya kami akan mengawal Komisi Pemilihan Umum KPU.Itu sejalan dengan instrumen KPU dan instrumen pengawas Pemilu,” sebut Salehe.

Salehe menuturkan, untuk pelantikan PKD di kecamatan yang lain akan dilaksanakan pada pekan ini karena mereka juga akan mendampingi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

“Satu dua hari ke depan akan ada Pantarlih. Setelah selesai di bentuk, pengawas Pemilu di tingkat kelurahan desa juga akan mendampingi Pantarlih tersebut. Itu yang paling substansi, terutama di tahapan Daftar Pemilih Tetap,” pungkasnya. (Jumadi Bawenti)

Baca Juga:   Dispora Sulut Sukses Gelar Bimbingan Pelatihan Bagi Wirausaha Muda

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button