Minahasa RayaPolitik dan Pemerintahan

Sambangi Kota Tomohon, Sarundajang Sosialisasikan Program Unggulan Kemendikbudristek

Tomohon,Timurtimes.com – Anggota Dewan Perwakilan (DPR) Republik Indonesia Komisi X Fraksi PDI Perjuangan, Vanda Sarundajang, sambangi Kota Tomohon, Rabu, (22/02/2023).

Agenda kedatangannya, dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) dan Reses di SMP Negeri Tiga Lansot, Kelurahan Lansot, Kecamatan Tomohon Selatan dan SD GMIM VIII Kolongan, Kelurahan Kolongan, Kecamatan Tomohon Tengah.

“Berterima kasih bagi pihak sekolah dan orang tua siswa yang telah menerima saya, untuk melakukan kegiatan kunjungan kerja dan reses di sekolah ini,” ucap Vanda Sarundajang di SD GMIM VIII Kolongan.

Dikatakannya, disampaikan banyak terima kasih dan apresiasi bagi orang tua murid yang telah hadir pada saat ini. Dengan berbagai kesibukan dan pekerjaan yang sedang dilakukan, tapi bisa meluangkan waktu untuk hadir dalam sosialisasi saat ini.

“Kehadiran saya saat ini, adalah untuk melaksanakan fungsi anggota DPR RI yang diatur dalam undang-undang,” ucapnya.

Sarundajang menjelaskan, sejatinya ada tiga tugas anggota DPR. Pertama, membuat dan mengesankan undang-undang bersama dengan pemerintah. Kedua, membuat, menyusun dan mengesankan anggaran pendapatan belanja negara. dan Ketiga, melakukan fungsi pengawasan seorang anggota DPR.

“Ini dijamin pemerintah, bahwa seorang anggota DPR bisa datang di tengah-tengah masyarakat, untuk melihat dan mengawasi program-program pemerintah pusat yang didanai Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sudah bisa dinikmati, dirasakan masyarakat atau belum, juga mengawasi tidak adanya penyimpangan yang terjadi,” jelasnya.

Dilanjutkannya, saya ditempatkan di fraksi PDI perjuangan komisi X. Itu bermitra dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Perpustakaan Nasional.

“Jadi, kehadiran saya disaat ini untuk melaksanakan fungsi pengawasan, sehubungan dengan kemitraan kami yaitu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi,” tegas Vasung sapaan akrabnya.

Disampaikannya, salah satu program unggulan Kemendikbudristek adalah beasiswa kepada peserta didik. Beasiswa ini melalui Program Indonesia Pintar (PIP). Itu adalah pemberian bantuan tunai untuk peserta didik, baik yang ada di tingkat SD, SMP, SMA/SMK maupun Mahasiswa.

“Disekolah ini, ada mendapat beasiswa sebanyak 43 siswa dari jumlah 107, hampir 50 persen yang bisa mendapat bantuan ini. Dan di sekolah ini mendapat cukup banyak dibandingkan sekolah lain,” ujarnya.

Ia berharap, uang beasiswa ini sudah diterima dan dimanfaatkan untuk keperluan pendidikan siswa itu sendiri.

“Contohnya untuk beli seragam, buku, alat tulis dan lain sebagainya. Jadi memang betul-betul untuk peruntukan sesuai kebutuhan siswa,” tandasnya. (Etzar Frangky Tulung)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button