Minahasa RayaPolitik dan Pemerintahan

Proses Coklit Berakhir, Kecamatan Tomohon Barat Capai 100 Persen

Tomohon,TimurTimes.com – Proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit), yang dilakukan petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) berjalan sesuai jadwal tahapan. Proses ini dimulai 12 Februari hingga 14 Maret 2023.

Hari ini, Selasa (15/03/2023), semua data pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih di Kecamatan Tomohon Barat telah mencapai 100 persen dengan jumlah 13.281pemilih.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tomohon Barat, Ronny A. Osak, dalam momen Kirab Pemilu 2024 di Kantor KPU Tomohon.

Ia menjelaskan, Pantarlih melaksanakan coklit dengan cara mendatangi rumah pemilih. Rumah warga yang sudah dikunjungi, akan di tempel stiker sebagai tanda telah di coklit.

“Dalam proses coklit ini ditemui pemilih yg tidak masuk dalam A. Daftar Pemilih, oleh Pantarlih dicatat kedalam A. Daftar Potensial Pemilih. Biasanya penduduk pindahan dari luar atau pensiunan TNI, Polri,” lanjutnya.

Osak juga mengatakan, dalam proses tersebut terdapat beberapa kendala.

“Kendala yang dihadapi antara lain, pemilih belum memiliki dokumen kependudukan. Seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), pemilih tidak ditemui, dan ada yang sudah lama tinggal diluar daerah,” ujarnya.

Ditambahkannya, masyarakat sangat antusias di coklit untuk masuk dalam daftar pemilih.

“Tentunya dengan berakhirnya masa coklit ini, pendataan atau pendaftaran pemilih tidak serta merta berhenti, tetapi memasuki tahapan penyusunan daftar pemilih oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS),” ucapnya.

Osak pun berharap, nantinya dalam ruang tanggapan masyarakat yang di dalamnya bisa untuk memberikan informasi-informasi, berkaitan dengan Coklit.

“Jika ada yang belum terdaftar kepada PPS setempat, supaya nantinya dalam tahapan menuju Daftar Pemilih Sementara (DPS), semua wajib pilih telah didaftarkan. Yang pada akhirnya outputnya adalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang berkualitas,” tandasnya.

Baca Juga:   Dispora Sulut Sukses Gelar Bimbingan Pelatihan Bagi Wirausaha Muda

Diketahui PPK Tomohon Barat, Ronny A. Osak, Kadiv. Keuangan, Umum Dan Logistik, Jhonny H. Tuuk, Kadiv. Teknis Penyelenggaraan, Handy B. Y. Tumiwuda, Kadiv. Perencanaan, Data dan Informasi, Ebenhaezer A. R. Rares, Kadiv. Hukum dan Pengawasan, Rojer R. Datu, Kadiv. Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM. (Etzar Frangky Tulung)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button