Lingkungan dan KesehatanMinahasa Raya

Upaya Peningkatan Ekonomi, Lonta Ajak Masyarakat Berdayakan Lahan Tidur

Tomohon,TimurTimes.com – Bagian dari menopang program Pemerintah Kota Tomohon ‘Marijo Ba Kobong,” Pemerintah Kelurahan Taratara Dua, Kecamatan Tomohon Barat, ajak masyarakat untuk menggarap lahan tidur untuk dijadikan sumber ekonomi.

“Ini sudah sangat melekat pada masyarakat, kita masih hidup di suasana pedesaan, lahan-lahan masih terbuka, lahan-lahan tidur itu masih banyak. Sehingga, saya mengajak masyarakat untuk banyak menanam,” kata Lurah Taratara Dua, John P. Lonta, S.Hut, M.A.P., Selasa (28/03/2023) di ruang kerjanya.

Dilanjutkannya, melalui kelompok-kelompok tani yang ada untuk bisa menanam tanaman-tanaman yang bernilai ekonomis antaranya jagung, ubi-ubian, sayur-sayuran dan sebagainya.

Lonta juga mengajak masyarakat manfaatkan pekarangan rumah dalam bentuk ‘apotik hidup’ dan ‘dapur hidup.’

“Saya juga mengimbau masyarakat agar memanfaatkan pekarangan untuk menanam seperti apotik hidup dan dapur hidup, lebih khusus bumbu-bumbu dapur. Karena itu setiap harinya kita konsumsi dan bisa mengurangi beban pengeluaran masyarakat dalam bidang ekonomis,” jelasnya.

Selain dalam bentuk pelestarian lingkungan, Lurah juga mengatakan berkebun merupakan upaya dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

“Jangan berpikir untuk dijual, tanam saja buat kebutuhan sehari-hari sudah cukup, dan sudah sangat membantu dan meningkatkan ekonomi bagi kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Pemerintah Kelurahan Taratara Dua selain mengajak, juga memberi contoh pada masyarakat dengan turut melakukan gerakan Pemerintah Kota Tomohon ‘marijo ba kobong’ dengan pemberdayaan lahan milik kelurahan.

“Kita punya lahan pekuburan, dan sebagian lahan pekuburan itu dimanfaatkan sebagai kebun, sebagai bagian dari gerakan ‘marijo ba kobong,’ juga sebagai contoh kepada masyarakat akan pentingnya menanam,” kuncinya. (Etzar Frangky Tulung)

Baca Juga:   Momentum HLH 2024, Mapala Technology Fatek Unima Tanam Bibit Pohon

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button