BitungMinahasa RayaPolitik dan PemerintahanSulut

Wakili KPU Manado, Rompas Harap Kirab Pemilu Bisa Berlanjut Baik di Kota Sejuk

Tomohon, TimurTimes.com – Beberapa hari yang lalu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado menerima bendera kirab Pemilu dari KPU Kota Bitung. Selanjutnya, hari ini diserahkan ke KPU Kota Tomohon, Selasa (14/03/2023).

Dalam sambutannya, mewakili pimpinan KPU Manado, Sunday Rompas mengatakan, dalam memaknai kirab Pemilu ini telah dilakukan beberapa kegiatan, seperti road show di beberapa titik Kota Manado, kegiatan-kegiatan olahraga, sosialisasi di Kelurahan Malendeng, dan terakhir menyerahkan kirab Pemilu ke KPU Tomohon.

“Harapan kami, kirab ini akan berlanjut dengan baik di kota sejuk ini, kota dengan segala kekayaannya,” harapnya.

Ia mengatakan, pihaknya bersyukur dan terinspirasi dari KPU Tomohon yang partisipasi pemilihnya sangat tinggi.

“Harus diakui dari 15 Kabupaten Kota di Sulawesi Utara, Kota Manado paling rendah partisipasi pemilihnya. Itu karena jumlah pemilih yang besar dan terbesar di Sulut. Tapi partisipasi pemilih belum tercapai sesuai dengan amanah KPU RI harus 77,5 persen. Sedangkan kami yang terakhir baru mencapai 74 persen,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, secara pribadi dan lembaga KPU Manado ia menyampaikan hormat, simpati dan terima kasih yang tulus kepada semua yang sudah menopang terselenggaranya kirab nasional ini.

“Terima kasih kepada jajaran KPU RI yang diwakili KPU Provinsi Sulut, KPU Tomohon dan mitra kerja Bawaslu Tomohon, jajaran Forkopimda, insan Pers, pihak keamanan, yang telah mendukung menyemarakkan agenda di saat ini,” lanjut Rompas.

“Semua yang kita lakukan kiranya bisa mendorong partisipasi pemilih dari sisi kuantitas dan kualitas pemilih, sehingga demokrasi yang kita idamkan bisa terwujud,” tandasnya.

Pada momen ini juga dilaksanakan penyerahan bendera KPU antar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi KPU Manado kepada KPU Kota Tomohon, serta penyerahan 18 bendera partai politik.

Rangkaian kegiatan itu disusul dengan penandatanganan Deklarasi Kirab Pemilu. Terpantau hadir, Komisioner dan pimpinan Sekretariat KPU Kota Tomohon, Bawaslu Tomohon, Pemerintah Kota Tomohon yang diwakili Asisten Satu Drs. Octavianus Mandagi, perwakilan masyarakat, serta pemilih pemula. (Etzar Frangky Tulung)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button